Senin, 8 Februari 2010 18:22 WIB Solo Share :

Pemkot jajaki tiga pilihan kelola Putri Cempo

Solo (Espos)--Model pengelolaan sampah yang rencananya diterapkan di Tempat pembuangan akhir (TPA) Putri Cempo mengerucut pada tiga pilihan.

Tiga pilihan itu adalah mengolah sampah menjadi tenaga listrik dan pupuk, mengolah sampah menjadi pupuk saja dan membakar sampah dengan suhu tinggi 800 derajat celsius, sehingga seluruh sampah lenyap.

Kepala bagian (Kabag) Kerjasama Setda Solo, Sudarmasto Moelyadi menjelaskan, tiga pilihan tersebut membutuhkan nilai investasi yang berbeda. Untuk pilihan pertama dan kedua, menurut perhitungan awal pihaknya, diperlukan investasi sebesar Rp 300 miliar.

Sedangkan jika pilihan ketiga yang diambil, investor harus menyediakan dana investasi sekitar Rp 1,2 triliun.
Semua kebutuhan investasi bakal ditanggung pihak investor yang memenangkan lelang, dengan imbalan kewenangan mengelola sampah dan hasilnya sepanjang puluhan tahun sesuai perjanjian. “Ada tiga pilihan yang masih kami jajaki. Nanti, sekaligus kami melihat hasil FS (feseability study), untuk menentukan pilihan mana yang diambil,” ungkap Darmasto, sapaan akrabnya, saat dijumpai di kantornya, Senin (8/2).

tsa

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…