News
Sabtu, 6 Februari 2010 - 15:11 WIB

Komunikasi politik SBY dinilai gagal

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Seperti air yang tenang namun sesekali beriak, itulah model komunikasi politik mendiang mantan Presiden Soeharto. Presiden SBY pun diminta belajar banyak dari Soeharto.

“SBY mesti banyak belajar dari Soeharto soal komunikasi politik. Cool, tenang, tapi pada suatu saat dia berbicara berbobot sekali. Langsung seperti senapan retetetetet,” kata pengamat komunikasi politik Tjipta Lesmana.

Advertisement

Hal itu dikatakan Tjipta dalam diskusi ‘Pers: Antara Politik dan Kekuasaan’ di Warung Daun, Jl Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (6/2).

Tjipta meminta SBY jangan berbicara seperti anak kecil. “Jadi komplain melulu. Misalkan beliau bicara soal pemakzulan. Semua orang sudah tahu. Nggak perlu diajarin lagi,” jelasnya.

Lanjut Tjipta, SBY bisa dimakzulkan kapanpun. Namun sekarang memang susah memakzulkan presiden karena ada MK. Tapi secara teoritis tetap bisa, melalui proses yang diatur UUD 45.

Advertisement

“Nah untuk hal begini SBY tak perlu kumpulkan 7 pimpinan lembaga negara. Jadi seperti dia kuliahi publik, publik sudah tahu kok,” ucapnya.

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif