Sabtu, 6 Februari 2010 13:28 WIB Internasional Share :

41 Peziarah Syi'ah tewas

Karbala–Sebuah serangan mortir pada upacara berkabung di Irak menewaskan 41 peziarah Syi’ah. Mortir meledak di tengah kerumunan peziarah saat akan meninggalkan kota suci Karbala.

Seperti dikutip dari AFP, Sabtu (6/2), mortir tersebut meledak lalu menghantam para peziarah saat berjalan pulang dari kota kuil, 110 km sebelah selatan Baghdad. Sekitar satu juta umat berkumpul untuk mengikuti festival Arbaeen.

Seorang pejabat kementerian kesehatan propinsi Karbala mengatakan, 41 orang tewas dan 144 terluka. Ledakan ini disebabkan serangan mortir yang ditembakkan tidak jauh dari lokasi.

“Sebuah mortir diluncurkan dari lapangan sebelah utara timur laut kota,” ujar Gubernur Propinsi Karbala Amalheddin al-Hir.

Tudingan atas serangan ini pun bermunculan. Al-Qaeda diduga menjadi dalang aksi biadab tersebut.

“Saya menuduh Al-Qaida terlibat, didukung partai Baath,” katanya.

Amalheddin al-Hir menambahkan, sekitar 10 juta jemaah telah mengunjungi makam Imam Hussein dalam dua pekan terakhir ini. Mereka berjalan kaki sebagai tanda kesalehan dan merayakan puncaknya pada Jumat tengah hari.

“Para pengunjung termasuk orang-orang Arab dan sekitar 100.000 orang asing dari negara-negara Teluk, Suriah, Lebanon, Iran, Tanzania, Amerika Serikat, Norwegia, dan Belgia,” tandasnya.

dtc/isw

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…