News
Jumat, 5 Februari 2010 - 13:41 WIB

Sertifikat 3 warisan budaya Indonesia diserahkan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–3 Warisan budaya Indonesia  yaitu batik, keris dan wayang diganjar sertifikat UNESCO untuk mata budaya tak benda. Diklat Warisan Budaya Batik Indonesia yang bekerja sama dengan Museum Batik di Pekalongan juga mendapat sertifikat Best Practices dari UNESCO.

Sertifikat tersebut secara simbolis diserahkan oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa kepada Menko Kesra Agung Laksono yang diteruskan ke Menbudpar Jero Wacik. Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan di Kantor Menko Kesra, Jl Medan Merdeka Barat, Jakpus, Jumat (5/2).

Advertisement

“Terima kasih kepada semua pihak sehingga kita dapat pengakuan dari Unesco,” kata Agung dalam sambutannya.

Agung menjelaskan, pengakuan internasional ini justru akan menjadi tantangan bagi Indonesia. Secara tidak langsung, 3 warisan budaya tersebut harus terus dilestarikan keberadaannya.

“Melambangkan satu pengakuan dunia dari UNESCO  bahwa beberapa budaya seperti keris, wayang, batik juga adalah warisan budaya dunia dan kita perlu dijaga,” papar Agung.

Advertisement

Dengan pemberian sertifikat Best Practices, Indonesia akan memperoleh proyek elaborasi dari UNESCO untuk persiapan buku, film dan bahan pameran. UNESCO juga akan mengajak Indonesia road show keliling Indonesia untuk memperkenalkan batik.

Pada 2 Oktober 2009, UNESCO mengukuhkan batik sebagai warisan budaya tak benda. Pada 25 September 2005, UNESCO mengukuhkan keris Indonesia sebagai karya agung warisan kemanusiaan milik seluruh bangsa di dunia. Pada 7 November 2003 UNESCO juga memberikan pengakuan serupa pada wayang.

dtc/fid

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif