Soloraya
Jumat, 5 Februari 2010 - 08:19 WIB

Hari ini, PAN-PKS deklarasikan dukung Jokowi-Rudy

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Solo (Espos)-
-PAN-PKS secara resmi menyatakan sikap politiknya mendukung pasangan incumbent Joko Widodo-FX Hadi Rudyatmo (Jokowi-Rudy), Kamis (4/2) untuk maju dalam Pilkada Solo.

Sikap tersebut seolah menunjukkan adanya hasil dari safari politik yang dilakukan bakal calon (Balon) Walikota Solo, Jokowi, beberapa hari sebelumnya.

Advertisement

Pernyataan resmi mendukung pasangan incumbent itu disampaikan oleh Ketua DPD PAN Solo, Hami Mujadid dan Ketua DPD PKS Solo, Sugeng Riyanto kepada wartawan di Gedung Dewan.

Keduanya dalam kesempatan tersebut menegaskan, setelah melalui pertimbangan dan proses internal masing-masing partai, mereka mendukung Jokowi-Rudy untuk kembali maju dalam Pilkada. “Kami telah berkomunikasi dengan PKS, dan akhirnya mengambil keputusan yang sama. Mengusung Jokowi-Rudy dalam Pilkada,” tandas Ketua DPD PAN Solo, Hami Mujadid.

Ditambahkan Sugeng, kesepakatan resmi itu bakal dideklarasikan oleh PAN-PKS bersama Jokowi-Rudy, Jumat (5/2) ini di Gedung Al Irsyad, Pasar Kliwon, Solo.

Advertisement

Jokowi akan diminta menyepakati sejumlah poin yang disodorkan PAN-PKS. Sugeng menyebut ada sembilan poin yang akan disodorkan dalam nota kesepahaman antara Jokowi dengan PAN-PKS.

Sejumlah poin kesepakatan tersebut diantaranya adalah adanya agenda jelas terhadap kehidupan spiritual masyarakat apapun agama dan kepercayaannya, mengentaskan masyarakat tidak mampu, menyampaikan komitmennya untuk memberantas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), hingga memberikan prioritas pembangunan kesejahteraan rakyat (Kesra). “Dan PAN-PKS akan mengawal ketat pelaksanaan poin-poin itu,” tegas Sugeng.

PAN-PKS secara otomatis bakal bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Di DPRD Solo, PDIP memiliki 15 kursi, sementara PAN-PKS masing-masing empat kursi. Dengan demikian, koalisi itu mengantongi 23 kursi, atau lebih dari 50% jumlah kursi DPRD Solo yang mencapai 45 buah.

haa

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif