News
Rabu, 3 Februari 2010 - 15:54 WIB

Rupiah sore tembus Rp 9.300 per dolar

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta– Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Rabu menguat menembus angka Rp9.300 per dolar. Hal ini karena pelaku terus membeli rupiah akibat besarnya dana asing yang masuk ke pasar saham dan sekuritas.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar menguat menjadi Rp9.299-Rp9.319 per dolar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp9.355-Rp9.365 atau naik 56 poin.

Advertisement

Pengamat ekonomi dari Indef, Aviliani di Jakarta, Rabu mengatakan, besarnya dana asing yang masuk ke pasar belum dapat dimanfaatkan oleh pemerintah sehingga sektor riil masih belum berperan dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi lebih baik.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup positif, namun belum bisa memberikan lapangan kerja baru dan mengurangi kemiskinan,” katanya.

Menurut dia, dana asing yang masuk ke pasar saham memicu indeks BEI kembali di atas angka 2.600 poin yang sebelumnya sempat mendekati angka 2.700 poin. Karena pasar saham Indonesia merupakan pasar yang lebih menarik dari pasar Asia lainnya.

Advertisement

Aktifnya pelaku asing bermain di pasar domestik, menurut Aviliani yang juga komisaris Bank BRI, karena resikonya relatif kecil dan kapitalisasi saham cukup besar yang didukung pula oleh  selisih bunga rupiah terhadap dolar.

“Kami optimis rupiah akan terus menguat hingga mendekati angka Rp9.200 per dolar, ucapnya.

Sementara itu pengamat pasar lainnya, Edwin Sinaga mengatakan, permintaan rupiah cukup besar menyusul masuknya dana asing ke pasar domestik.

Advertisement

Selain itu, membaiknya euro terhadap dolar, akibat berkurangnya kekhawatiran atas masalah Yunani juga mendorong pelaku lokal cenderung membeli rupiah.

Ia mengatakan, besarnya permintaan rupiah diperkirakan masih berlanjut sehingga peluang rupiah untuk kembali menguat masih cukup besar. “Kami optimis pasar masih meresponnya sehingga rupiah akan kembali menguat,”ucapnya.

ant/isw

Advertisement
Kata Kunci : Rupiah Sore
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif