Rabu, 3 Februari 2010 04:15 WIB Sragen Share :

ADD turun drastis, Kades kelimpungan


Sragen (Espos)–
Sejumlah Kepala Desa (Kades) di Bumi Sukowati mengaku kelimpungan terjadinya penurunan Alokasi Dana Desa (ADD) hingga 50 %. Kondisi itu membuat beberapa program yang sudah dimiliki desa akan terbengkalai lantaran kekurangan dana.

Kedes Tegalombo, Kalijambe, Jumari jauh sebelum memasuki tahun 2010 mengaku sudah memiliki berbagai program untuk meningkatkan pembangunan desa sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di mana, hal tersebut dapat berjalan ketika terdapat dukungan penuh dari APBD. Oleh karena, jumlah ADD di setiap desa saat ini turun drastis dibandingkan tahun 2010, pihaknya bakal melakukan skala prioritas terhadap program yang sudah dimiliki.

“Info yang saya dengar, memang ADD tahun ini turun drastis. Kalau dulu rata-rata di setiap desa mendapatkan Rp 70-an-Rp 80 juta. Tapi, saat ini besarannya sekitar Rp 36 juta-Rp 40 juta,” jelasnya saat ditemui Espos di Kalijambe, Selasa (2/2).

Lebih lanjut dia mengatakan, keberadaan desa seringkali menjadi kunci kemajuan sebuah daerah. Ketika banyak desa yang maju, baik di bidang fisik dan nonfisik, maka di daerah tersebut dinilai mampu memberdayakan masyarakat.

Sejauh ini, sumber andalan untuk memajukan sebuah desa berasal dari ADD.

Menurut dia, realisasi ADD yang ditaksir berkisar Rp 36 juta-Rp 40 juta kiranya tidak dapat dioptimalkan penggunaannya. Pasalnya, hampir sepertiga dana itu seringkali juga digunakan untuk kepentingan nonfisik.

Hal senada juga dijelaskan Kades Ngebung, Triyanto. Tidak adanya sumber dana yang memadai membuat pembangunan di sebuah desa sedikit tersendat. Kondisi seperti itu perlu mendapatkan perhatian dalam waktu dekat, agar realisasi konsep pembangunan di desa tidak njomplang dengan program yang ada.

pso

lowogan pekerjaan
Supervisor Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….