Rabu, 3 Februari 2010 04:15 WIB Sragen Share :

ADD turun drastis, Kades kelimpungan


Sragen (Espos)–
Sejumlah Kepala Desa (Kades) di Bumi Sukowati mengaku kelimpungan terjadinya penurunan Alokasi Dana Desa (ADD) hingga 50 %. Kondisi itu membuat beberapa program yang sudah dimiliki desa akan terbengkalai lantaran kekurangan dana.

Kedes Tegalombo, Kalijambe, Jumari jauh sebelum memasuki tahun 2010 mengaku sudah memiliki berbagai program untuk meningkatkan pembangunan desa sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di mana, hal tersebut dapat berjalan ketika terdapat dukungan penuh dari APBD. Oleh karena, jumlah ADD di setiap desa saat ini turun drastis dibandingkan tahun 2010, pihaknya bakal melakukan skala prioritas terhadap program yang sudah dimiliki.

“Info yang saya dengar, memang ADD tahun ini turun drastis. Kalau dulu rata-rata di setiap desa mendapatkan Rp 70-an-Rp 80 juta. Tapi, saat ini besarannya sekitar Rp 36 juta-Rp 40 juta,” jelasnya saat ditemui Espos di Kalijambe, Selasa (2/2).

Lebih lanjut dia mengatakan, keberadaan desa seringkali menjadi kunci kemajuan sebuah daerah. Ketika banyak desa yang maju, baik di bidang fisik dan nonfisik, maka di daerah tersebut dinilai mampu memberdayakan masyarakat.

Sejauh ini, sumber andalan untuk memajukan sebuah desa berasal dari ADD.

Menurut dia, realisasi ADD yang ditaksir berkisar Rp 36 juta-Rp 40 juta kiranya tidak dapat dioptimalkan penggunaannya. Pasalnya, hampir sepertiga dana itu seringkali juga digunakan untuk kepentingan nonfisik.

Hal senada juga dijelaskan Kades Ngebung, Triyanto. Tidak adanya sumber dana yang memadai membuat pembangunan di sebuah desa sedikit tersendat. Kondisi seperti itu perlu mendapatkan perhatian dalam waktu dekat, agar realisasi konsep pembangunan di desa tidak njomplang dengan program yang ada.

pso

PBF PT.TIARA KENCANA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL TERIOS TS’2008,Mulus/Gagah R18,Comp AC Baru,Silver,125JtNego, Hub=085640166830 (A001…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Harga Tertentu Beras Tertentu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (7/8/2017). Esai ini karya Feriana Dwi Kurniawati, Kepala Seksi Usaha Tani dan Pengolahan Hasil Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah feriana_dk@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Pemerintah telah mengumumkan mulai…