Selasa, 2 Februari 2010 18:31 WIB News Share :

Transmigran terlantar tuntut uang kompensasi


Grobogan (Espos)–
Transmigran asal Kabupaten Grobogan yang terlantar di Desa Teluk Anggung, Kecamatan Napal Putih, Kabupaten Bengkulu Utara, menuntut pemerintah memberikan uang kompensasi, akibat mereka tidak mendapatkan lahan di lokasi transmigrasi.

Darmono, Ketua rombongan transmigran asal Grobogan menyatakan kepada wartawan, akibat tidak mendapatkan haknya, maka 20 kepala keluarga (KK) transmigran menuntut pemerintah, baik Pemkab Grobogan maupun Pemkab Bengkulu Utara untuk memberikan uang kompensasi untuk membeli lahan usaha.

“Tuntutan kami terhitung mulai 8 Februari 2010 hingga sebulan kedepan harus dipenuhi. Perhitungannya, harga lahan pertanian sekitar Rp 7,5-Rp 8 juta per hektare. Sehingga setiap KK harus diberi kompensasi uang Rp 15-Rp16 juta,” ujar Darmono.

Dijelaskan Darmono, pihaknya bersama warga transmigran asal Grobogan sudah beberapa kali menanyakan hal ini ke pemerintah. Karena hak lahan pertanian dua hektare yang dijanjikan ternyata tidak kami peroleh. “Yang ada lahan satu hektare tanaman sawit yang ternyata diaku sebagai milik warga,” tutur Darmono kepada wartawan melalui telepon, Selasa (2/2).

Transmigran juga meminta direlokasi ke tempat lain dan diberikan hak sesuai yang disepakati sebelum mereka ditransmigrasikan. “Jika dalam waktu dua bulan tidak dipenuhi, para transmigran siap pulang ke Grobogan dan akan meminta pertangungjawaban Pemkab Grobogan,” tandasnya.

Asisten II Pemkab Grobogan Ir Edhie Sudaryanto menjelaskan, masalah transmigran di Bengkulu Utara tersebut sudah dibahas dan segera diupayakan penyelesaiannya. “Pemkab berharap, warga transmigran bisa bersabar karena kami sedang berusaha menyelesaikana masalah ini,” jelasnya.

rif

The jagongan, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL TERIOS TS’2008,Mulus/Gagah R18,Comp AC Baru,Silver,125JtNego, Hub=085640166830 (A001…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Nyanyian Sunyi Ekonomi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/9/2017). Esai ini karya Ronny P. Sasmita, Direktur Eksekutif Econ-Act Indonesia dan anggota Staf Ahli Komite Ekonomi dan Industri Nasional. Alamat e-mail penulis adalah ronny_sasmita@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO¬†— Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, indeks…