Soloraya
Selasa, 2 Februari 2010 - 03:58 WIB

PKS siap, PAN ngambang hadapi Pilkada Solo

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Solo (Espos)-
-Partai Keadilan Sejahtera (PKS) makin siap untuk merumuskan sikap politiknya sementara Partai Amanat Nasional (PAN) terlihat ngambang dalam Pilkada Solo.

Ketua DPD PKS Solo, Sugeng Riyanto kepada wartawan, Senin (1/2) menuturkan, pihaknya mulai menemukan titik terang terkait rencana berkoalisi maupun merumuskan sikap politiknya dalam Pilkada.

Advertisement

Hal itu diperoleh setelah para pengurus DPD PKS Solo berkonsultasi dengan jajaran DPW PKS Jawa Tengah (Jateng). Namun demikian, PKS masih bungkam terkait nama calon yang akan diusung oleh partai itu. “Tampaknya kami perlu mengkondisikan situasi terlebih dahulu. Yang jelas dalam pekan ini, akan kami segera sampaikan sikap resminya,” tandasnya via telepon.
Sementara di tubuh DPD PAN Solo, melalui ketuanya, Hami Mujadid sikap partai tersebut masih terlihat ngambang.

Hami menegaskan masih akan melakukan konsolidasi baik secara internal maupun dengan mitra koalisinya yakni PKS dalam menentukan sikap resmi. Saat ditanya mengenai campur tangan Amien Rais dalam menentukan sikap PAN, Hami menandaskan tidak ada arahan tertentu untuk mendukung salah satu calon.

“Pak Amien itu mengarahkan untuk hal-hal yang bersifat nasional seperti Century. Kalau memberikan pertimbangan, bila diminta mungkin saja (memberikan pertimbangan). Tetapi sejauh ini belum,” ujarnya yang juga menjanjikan sikap konkret PAN bakal disampaikan pada pekan ini.

Advertisement

Hal serupa juga dibeberkan oleh Ketua Majelis Penasihat Partai (MPP) DPD PAN Solo, Samsudin Dahlan. Menurut Samsudin, pihaknya mengaku baru akan memberikan keterangan setelah ada rapat pengurus harian dengan MPP. MPP dalam struktur partai matahari biru itu, jelas Samsudin, hanya berperan dalam sharing pendapat maupun memberikan nasihat.

Saat ditanya mengenai nasihat apa yang mungkin bakal disampaikan kepada pengurus harian, Samsudin enggan menjelaskan.

Sementara soal wujud konkret dukungan PKS, Sugeng mengaku upaya konsolidasi dilakukan agar para kader, simpatisan, dan lainnya mengetahui secara langsung dari para pengurus. Saat ditanya apakah upaya pengkondisian itu juga dilakukan untuk gandengan koalisinya yakni PAN, Sugeng hanya tertawa kecil. “Kami perlu melakukan sebelum semuanya menjadi konsumsi publik secara luas,” beber dia.

Advertisement

Kendati demikian, kedua partai tersebut menegaskan, mereka masih tetap sejalan dan memiliki komitmen terkait koalisi. “Sejauh ini, PAN, PKS se-iya sekata,” aku Sugeng.

haa

Advertisement
Kata Kunci : PAN Ngambang PKS Siap
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif