News
Senin, 1 Februari 2010 - 18:58 WIB

Indonesia jadi incaran produksi elektronik dunia

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Cikarang-
-Beberapa produsen elektonika dunia mulai menunjukan komitmennya untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksinya. Prinsipal produk elektronik dunia seperti Sanyo, Toshiba, Changhong menunjukan keinginan kuat menjadikan Indonesia sebagai basis produksi.

“Mereka sudah mulai, gejalanya Indonesia sudah dianggap kompetitif,” kata Menteri Perindustrian MS Hidayat dalam acara kunjungannya di pabrik Toshiba, Cikarang, Senin (1/2).

Advertisement

Hidayat mengatakan selain pertimbangan kompetitif dibidang tenaga kerja, Indonesia cukup memiliki pasar yang besar. Bahkan kata dia, daya beli disektor  elektronika pasar dalam negeri saat ini mengalami peningkatan hingga 7% per tahun meski dibayang-bayangi krisis global beberapa waktu lalu.

“Tenaga kerja kita gampang dilatih dan terampil,” katanya.

Namun Hidayat mengakui saat ini Indonesia masih dihadapi oleh perseolan keterbatasan infrastruktur, yang membuat melemahnya daya saing Indonesia dibidang infrastruktur dengan negara-negara lain. Misalnya yang perlu dicermati adalah soal suku bunga yang tinggi, tingginya komponen bahan baku impor, pungli, pasokan listrik dan lain-lain.

Advertisement

“Kelemahan kita high cost,” katanya.

Saat ini kata dia, jumlah industri yang menghasilkan produk elektronika dan komponen terdapat sekitar 235 perusahaan. Diharapkan pertumbuhannya akan mencapai 10% per tahun dalam periode 2010-2014 dengan kemampuan serapan tenaga kerja sebanyak 150.000 orang.

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif