News
Senin, 1 Februari 2010 - 14:05 WIB

Deretan Tokoh Nasional deklarasikan ND

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Rencana deklarasi organisasi kemasyarakatan (ormas) bernama Nasional Demokrat (ND) benar-benar siap. Deretan tokoh nasional terlihat mendominasi sebagai deklarator. Salah satu deklarator dari PAN Didik J Rachbini membenarkan dirinya ikut mendukung ormas ND ini.

“Ini kan persahabatan saya dengan Pak Surya, Sultan, Siswono, dan temen-teman lain. Ini hanya organisasi sosial kemasyarakatan. Jadi murni gerakan moral dan sosial. Supaya berpengaruh, maka perlu sebanyak mungkin orang untuk bergabung,” kata Didik, Senin (1/2).

Advertisement

Menurut Didik, deklarasi yang berlangsung sore nanti akan dihadiri oleh para deklarator dari berbagai unsur dan latar belakang. Antara lain, Anies Baswedan, Sultan Hamengku Buwono X, Syafii Maarif, Khofifah Indarparawansa, Siswono Yudohusodo, Ferry Mursyidan Baldan, Syamsul Mua’rif, Enggar Tyasto Lukito dan Surya Paloh sebagai sebagai pendiri utama.

Dari nama-nama ini, politisi Partai Golkar yang tidak diakomodir oleh Aburizal Bakrie dalam kepengurusan DPP Partai Golkar 2009-2014 tampak mendominasi.

Menurut Didik, ada juga anggota DPR dari berbagai partai politik yang terlibat. “Para deklarator berasal dari lintas profesi seperti budayawan, akademisi, termasuk anggota DPR dari berbagai fraksi. Ada Akbar Faizal dari Hanura, Budiman Sudjatmiko dari FPDIP dan lainnya,” papar Didik yang merupakan politisi dari PAN itu.

Advertisement

Didik menegaskan bahwa ormas ini murni sebagai wadah gerakan sosial kemasyarakatan yang bertujuan untuk mengimbangi gerakan politik dari partai. Tujuan utamanya untuk membangun komitmen bersama untuk berkontribusi sebesar-besarnya menciptakan kesejahteraan rakyat.

“Ini perwujudan kebebasan berserikat dan di luar gerakan politik. Gerakan politik itu perlu perimbangan gerakan moral, biar tidak melenceng,” pungkasnya.

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif