Senin, 1 Februari 2010 10:02 WIB News Share :

Berhasil dievakuasi di Gunung Salak, 6 pendaki UIN kena sanksi

Jakarta–Enam mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta yang sebelumnya tersesat di Gunung Salak akhirnya berhasil dievakuasi. Namun sayangnya enam pendaki tersebut ternyata tak mengantongi izin mendaki. Alhasil, keenamnya dikenai sanksi oleh pengelola Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

“Yang bersangkutan akan kami berikan sanksi,” ujar Kepala Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bambang Supriyanto di lokasi, Senin(1/2).

Bambang mengatakan, keenam pendaki tersebut tidak memiliki izin dalam melakukan pendakiannya. Padahal mereka sudah diingatkan bahwa ada pelarangan melakukan pendakian karena faktor cuaca.

“Mereka benar melakukan pelanggaran karena melakukan pendakian di saat ada larangan dari pengelola,” imbuhnya.

Menurut Bambang, salah satu sanksi yang akan diberikan kepada enam mahasiswa tersebut adalah dengan melakukan permohonan maaf kepada publik selama 2 minggu. Selain itu, keenam mahasiswa tersebut juga harus memperbaiki jalan yang rusak di kawasan Gunung Halimun Salak.

“Apabila tidak kooperatif akan diberlakukan blacklist kepada 6 orang itu,” jelas Bambang.

Sementara itu, salah satu mahasiswa yang tersesat, Adib, mengakui bahwa dalam melakukan pendakian tersebut tidak izin kepada pengelola taman nasional. “Ya memang kami tidak izin dulu,” kata Adib.

Menurut Adib, dirinya dan kelima rekannya tidak tersesat selama dalam perjalanan. Namun karena sudah kehabisan logistik, akhirnya mereka sepakat untuk menghubungi rekan lainnya untuk meminta bantuan.

“Sebenarnya kami tidak tersesat. Kami menghubungi teman karena kami kehabisan logistik,” jelasnya.

Adib mengatakan, dirinya dan rekan-rekan meminta untuk turun malam ini juga karena mereka harus kembali ke kampus untuk melanjutkan kuliah. “Karena kami ada keperluan kuliah, persiapan kuliah besok,” imbuhnya.

Pantauan detikcom, keenam mahasiswa tersebut saat ini sedang diperiksa kesehatannya di sebuah vila dekat posko Taman Nasional Halimun Salak. Tiga orang dibopong, sisanya jalan kaki sendiri dengan pengamanan ketat.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
PT Saka Jaya Enggal Cipta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO¬†— Kementerian Riset Teknologi dan…