News
Senin, 1 Februari 2010 - 16:12 WIB

Bachtiar Chamsyah jadi tersangka korupsi impor sapi

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan mantan Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah menjadi tersangka korupsi. Politisi PPP itu diduga melakukan tindak pidana korupsi pengadaan sapi impor dan mesin jahit pada 2004-2006.

“Ya benar (ditetapkan jadi tersangka), sejak pertengahan Januari lalu,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi, Senin (1/2).

Advertisement

Proyek pengadaan sapi potong di Depsos merupakan bagian dari program bantuan sosial fakir miskin yang diselenggarakan pada 2004. Proyek pengadaan sapi itu menggunakan APBN 2004 pada saat menteri sosial dijabat Bachtiar Chamsyah.

Belakangan diketahui proyek itu melakukan mekanisme penunjukkan langsung tanpa tender, dengan hanya berdasarkan pada surat dari Pemimpin Bagian Proyek Bansos Fakir Miskin (Dir Bangsos Fakir Miskin No: 48 D/BP-BSFM/IX/2004 tgl 9 September 2004).

Kasus tersebut sudah mulai diselidiki sejak September 2007 di KPK. Namun, baru ditingkatkan ke penyidikan oleh KPK pada akhir Desember lalu.

Advertisement

Saat mendatangi KPK Kamis (21/1) pekan lalu Bachtiar mengaku tidak gentar menghadapi penyidikan di KPK tentang kasus dugaan korupsi pengadaan sapi fiktif di Departemen Sosial (Depsos). Ia siap bertanggung jawab jika dinyatakan bersalah.

“Saya siap kalau memang saya salah, saya siap bertanggung jawab,” katanya usai melaporkan kekayaannya.

dtc/fid

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif