News
Minggu, 31 Januari 2010 - 18:05 WIB

China gempa, ratusan rumah runtuh

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Chengdu–Satu orang tewas dan 11 orang cedera dan meruntuhkan lebih dari 100 rumah penduduk akibat gempa berkekuatan 5.00 pada skala Richter melanda provinsi Sichuan, China baratdaya, Minggu (31/1).

Kerusakan dilaporkan terjadi di tiga desa dan kota-kota Moxi dan Suining  setelah gempa menggoyang kawasan itu pada pukul 5.56 waktu setempat, menurut badan pemantau gempa provinsi Sichuan.

Advertisement

Lebih dari 30 pakar gempa dan pejabat yang diketuai Lu Yipei, deputi direktur badan pemantau gempa di beberapa desa dan kota di Sichuan, telah mendatangi kawasan yang dilanda gempa untuk pemantauan lebih lanjut, kata badan itu.

Jaringan Seismologi Nasional China mengatakan episentrum gempa itu terletak di antara kabupaten Suining dan Tongnan di 30,3 derajat lintang utara dan 105,7 bujur timur, dengan kedalaman sekitar 10 kilometer.

Suining, kota berpenduduk 3,8 juta jiwa itu terletak di 140 kilometer Chengdu timur, ibukota provinsi Sichuan.

Advertisement

Para pakar gempa memperkirakan tipis kemungkinan gempa lebih kuat akan terjadi di kawasan itu, yang sebelumnya hanya dilanda gempa ringan berkekuatan 2,0 pada skala Richter dalam 20 tahun terakhir, kata badan pemantau gempa.

Sebelumnya, para pakar tidak menduga adanya gempa pada Minggu tersebut menyusul gempa dahsyat pada 12 Mei 2008 di provinsi Sichuan yang menewaskan 87.000 orang.

ant/fid

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : China Gempa Rumah Runtuh
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif