Minggu, 31 Januari 2010 18:05 WIB Internasional Share :

China gempa, ratusan rumah runtuh

Chengdu–Satu orang tewas dan 11 orang cedera dan meruntuhkan lebih dari 100 rumah penduduk akibat gempa berkekuatan 5.00 pada skala Richter melanda provinsi Sichuan, China baratdaya, Minggu (31/1).

Kerusakan dilaporkan terjadi di tiga desa dan kota-kota Moxi dan Suining  setelah gempa menggoyang kawasan itu pada pukul 5.56 waktu setempat, menurut badan pemantau gempa provinsi Sichuan.

Lebih dari 30 pakar gempa dan pejabat yang diketuai Lu Yipei, deputi direktur badan pemantau gempa di beberapa desa dan kota di Sichuan, telah mendatangi kawasan yang dilanda gempa untuk pemantauan lebih lanjut, kata badan itu.

Jaringan Seismologi Nasional China mengatakan episentrum gempa itu terletak di antara kabupaten Suining dan Tongnan di 30,3 derajat lintang utara dan 105,7 bujur timur, dengan kedalaman sekitar 10 kilometer.

Suining, kota berpenduduk 3,8 juta jiwa itu terletak di 140 kilometer Chengdu timur, ibukota provinsi Sichuan.

Para pakar gempa memperkirakan tipis kemungkinan gempa lebih kuat akan terjadi di kawasan itu, yang sebelumnya hanya dilanda gempa ringan berkekuatan 2,0 pada skala Richter dalam 20 tahun terakhir, kata badan pemantau gempa.

Sebelumnya, para pakar tidak menduga adanya gempa pada Minggu tersebut menyusul gempa dahsyat pada 12 Mei 2008 di provinsi Sichuan yang menewaskan 87.000 orang.

ant/fid

lowongan pekerjaan
STAFF ADMINISTRASI & KEUANGAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

Universitas Prasetiya Mulya Tawarkan Program Pendidikan Ini ke Semarang

Universitas Prasetiya Mulya menawarkan program pendidikan yang sarat dengan entreprenurship atau kewirausahaan kepada warga Semarang. Solopos.com, SEMARANG — Universitas Prasetiya Mulya, Senin (16/10/2017), menggelar media launcheon di Kota Semarang, Jawa Tengah. Program pendidikan yang pekat dengan entreprenurship atau kewirausahaan pun…