Sabtu, 30 Januari 2010 18:54 WIB Sport Share :

Timnas Futsal targetkan lolos putaran final Futsal ASIA


Jakarta–
Timnas Futsal Indonesia kembali menargetkan untuk lolos ke putaran final Kejuaraan Asia 2010 pada 23-30 Mei di Tashkent, Uzbekistan.

Hal itu dikemukakan Manajer Timnas Futsal Indonesia Darius Sinathrya didampingi pelatih kepala Robby Hartono di Jakarta, Sabtu, dalam acara perkenalan 18 pemain timnas futsal Indonesia untuk kualifikasi zone ASEAN.

Indonesia akan masuk grup A bersama Australia dan Myanmar. Sementara di grup B bercokol Malaysia, Vietnam, Filipina dan Kamboja. Hanya tiga tim yang lolos dari zone ASEAN ini yang akan berlangsung di Jakarta pada 20-25 Februari.

Dalam rangka persiapan timnas ini, menurut Darius, timnas sudah melaksanakan seleksi sejak dua bulan lalu.

Pihaknya akan menggelar pawai dukungan untuk timnas dari kantor PSSI ke Monas pada Minggu (31/1) dan menggelar “Fast Game” pada Jumat (5/2) di Istora.

Sementara itu Ketua Komite Futsal PSSI yang juga ketua panitia pelaksana babak kualifikasi zona ASEAN Kejuaraan Futsal Asia 2010 Ferry Paulus dan Ketua Badan Futsal Nasional (BFN) Gusti Randa berharap penyelenggaraan kejuaraan itu bakal sukses, demikian pula dengan timnas.

Pada babak kualifikasi zona ASEAN Kejuaraan Asia 2008, pada Maret 2008 di Selangor, Malaysia, timnas Indonesia tampil sebagai juara grup dengan mengungguli Kuwait, Qatar, Makau, dan Brunei Darussalam.

Timnas Indonesia sempat tampil mengecewakan setelah pada pertandingan penyisihan pertamanya dikalahkan Makau 2-3. Namun, tim Indonesia yang kalah itu, yang ditangani oleh pelatih kepala Justinus Lhaksana, kemudian berhasil bangkit untuk berturut-turut mengalahkan Brunei Darussalam 10-2, memukul Qatar 6-1, dan pada pertandingan terakhirnya mengalahkan Kuwait 1-0.

Dalam putaran final 16 besar di Stadion Hua Mark, Bangkok, pada pertengahan Juni 2008, Timnas Futsal Indonesia menelan dua kali kekalahan dan merebut satu kemenangan, sehingga dalam klasemen akhir kejuaraan menempati urutan ke-12 di antara 16 tim peserta.

Tim Indonesia pada laga awal menyerah 1-5 pada Kyrgistan, kemudian menyerah lagi 0-11 dari tuan rumah Thailand, sebelum pada laga pamungkas berhasil mengalahkan Irak 5-4.

Daftar pemain timnas futsal Indonesia: Ade Lesmana (kiper/32), Alfiansyah Nur Arochnan (20), Muhammad Amril Daulay (23), Angga Surya Saputra (23), Beny Hera (28), Deny Handoyo (29), Hairul Saleh Ohorella (29), Ali Haidar (21), Hendri Kurniawan (23), Jefri Purba (25), Jailani Ladjanibi (25), Kerismawan (27), Sayan Karnadi (27), Socrates Matullessy (26), Ahmad Surya Maulana (25), Vennard Hutabarat (37), Yos Adi Wicaksono (27), Indra (23).

ant/isw

lowongan pekerjaan
SOLO GRAND MALL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…