Sabtu, 30 Januari 2010 04:14 WIB Solo Share :

Pilkada Solo, Demokrat sidang pelamar Balon Wawali

Solo (Espos)–Partai Demokrat bakal menggelar sidang fit and proper test untuk para pelamar kursi bakal calon (Balon) Wakil Walikota (Wawali) untuk Pilkada Solo.

Sementara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) makin itensif mendekati partai politik (Parpol) lain untuk berkoalisi.

Wakil Ketua DPC PDIP Solo, YF Sukasno, Jumat (29/1), mengatakan, pihaknya tengah melakukan komunikasi politik terhadap Parpol lain dalam menggalang koalisi. Bahkan, saat di ruang kerjanya, Sukasno secara terbuka berkomunikasi via telepon dengan Ketua DPC Partai Damai Sejahtera (PDS) Solo, Swatinawati, terkait koalisi. Namun demikian, pembicaraan yang disampaikan belum mengarah kepada soal dukungan.
“Komunikasi kami lakukan sebagai bagian keterbukaan politik,” terang Sukasno sekaligus membantah bila PDIP dalam posisi pasif dalam menjalin koalisi.

Sementara di kubu Demokrat, para pelamar kursi AD 2 akan segera disidang dalam proses fit and proper test. Proses tersebut akan dilakukan pada Sabtu (30/1) ini. Sejauh ini, baru tiga nama yang mendaftarkan diri untuk kursi AD 2 mendampingi Eddy Wirabhumi.

Ketiga nama itu adalah Slamet Haryono (mantan Kepala Monumen Pers Nasional), Supradi Kertamenawi (mantan Plt Sekda Solo), dan Icuk Sugiarto (mantan atlet bulu tangkis nasional).

Sekretaris DPC Partai Demokrat Solo, Supriyanto menerangkan, para pelamar akan diseleksi oleh tim sembilan Partai Demokrat. Tim sembilan terdiri dari para pengurus tingkat DPP, DPD, dan DPC.

Sementara soal nama Balon Wawali dari Partai Golkar, Demokrat mengaku masih menunggunya. Bahkan, menurut Supriyanto, pihaknya masih memberi kelonggaran waktu agar Golkar memberikan nama mereka yang diseleksi hingga pukul 12.00 WIB ini.

Dengan demikian, nama pendamping Eddy Wirabhumi bakal ditentukan Partai Demokrat dalam waktu dekat ini. Supriyanto menerangkan, deklarasi akan mundur dalam hitungan hari, sekaligus menunggu turunnya rekomendasi DPP Partai Demokrat atas Eddy Wirabhumi dan wakilnya.

haa

lowongan pekerjaan
Gramedia Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (05/01/2018). Esai ini karya Ahmad Halim, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara. Alamat e-mail penulis adalah ah181084@gmail.com Solopos.com, SOLO–Pemberlakuan UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (gabungan UU No. 8/2012, UU…