Sabtu, 30 Januari 2010 13:57 WIB News Share :

Malam ini, Bulan terlihat paling besar dan terang selama 2010

Jakarta–Malam akhir pekan kali ini mungkin bisa jadi paling berkesan bagi Anda. Pasalnya, malam nanti bulan purnama akan terlihat 30 persen lebih terang dan 14 persen lebih luas pada tahun 2010.

Penyebabnya karena posisi bulan lebih dekat ke bumi atau terletak hampir segaris di antara Matahari dan Bulan. Sehingga seluruh permukaan bulan yang diterangi Matahari terlihat jelas dari arah Bumi.

Jarak bumi ke bulan 238.855 mil (384.400 km). Namun karena bentuk lintasan bulan berbentuk elips, maka ada satu waktu bulan akan berada pada jarak terdekatnya dengan bumi.

Seperti yang detikcom kutip dari space.com, Sabtu (30/1), malam nanti adalah jarak terdekat itu. Bulan ‘hanya’ berjarak 31,070 mil (50,000 km) dari bumi.

Astronom dari ITB, Moeji Raharto mengatakan bulan purnama akan kelihatan jelas di seluruh Indonesia dan belahan bumi bagian utara seperti China, Rusia dan Jepang. “Berbeda dengan Australia yang mataharinya masih di Selatan,” kata dia.

Namun jika awan mendung dan hujan, bulan purnama tidak akan terlihat. Perlu diwaspadai juga usai bulan purnama air akan pasang.

“Pasca bulan purnama dan bulan mati selalu air pasangnya tinggi, paling maksimal pada masa itu. Kemungkinan itu di daerah pantai jadi harus waspada,” kata Moeji.

Penasaran? Kalau begitu berdoa saja supaya malam nanti langit di Tanah Air bisa cerah tanpa balutan awan mendung.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…