internet
Sabtu, 30 Januari 2010 13:09 WIB Lifestyle,Women Share :

Kedip atau smart, yang penting paham esensi

Menyelesaikan soal-soal konversi jarak dalam hitungan detik atau mengerjakan pembagian untuk angka jutaan? Huh, baru membayangkannya saja sudah membuat pusing kepala.
Padahal soal matematika seperti itu hanyalah materi pelajaran siswa sekolah dasar (SD). Lantas bagaimana dengan materi trigonometri atau kalkulus yang harus dihadapi oleh siswa SMA? Pernahkah Anda membayangkan menyelesaikannya dalam hitungan detik?
“Semua persoalan sebenarnya bisa dilihat dari berbagai sudut pandang, dan di setiap sudut selalu ada jalan keluar. Sayang, sekolah kadang menutup mata dengan hal ini,” kata Kepala Cabang Ganesha Operation (GO) Solo, A Wiekhana.
Hebatnya, hampir semua lembaga bimbingan belajar (Bimbel) menawarkan rumus cepat untuk menyelesaikan soal. Sebut saja Primagama yang mengklaim mengantongi lebih dari 2.000 rumus smart untuk menyelesaikan berbagai persoalan.
Begitu pula dengan SSC Intersolusi yang menawarkan metode “kedip” untuk menyelesaikan soal, lantas ada juga winning methods yang merupakan kreasi dari para tentor Gama Yogya. Khusus untuk penyelesaian soal matematika, ada beragam cara sederhana yang ditawarkan Lembaga Matematika Dahsyat. Tapi rupanya tak semua Bimbel sepakat dengan penerapan rumus cepat ini. SSC Intersolusi, meski mengaku menyiapkan metode “kedip” bagi siswanya, tetap menyarankan pengajaran metode konvensional. “Siswa tetap harus paham proses penyelesaian soal secara lengkap. Rumus “kedip” itu jalan terakhir untuk menyelesaikan soal,” ujar Muhammad Amien, Internal Support SSCI Solo.

Oleh: Esmasari Widyaningtyas, Fetty Permatasari

lowongan pekerjaan
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…