cfcoughlin.deviantart.com
Jumat, 29 Januari 2010 13:10 WIB Ekonomi Share :

SBY
masih ada 5 PR di bidang swasembada pangan

Jakarta–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan setidaknya ada lima tugas atau pekerjaan rumah (PR) yang harus ditingkatkan dan dipertahankan Indonesia dalam rangka swasembada pangan pokok.

Lima pekerjaan rumah itu antara lain menjaga swasembada beras dan jagung, memenuhi swasembada gula, mengurangi impor kedelai, dan terakhir meningkatkan suplai daging sapi dalam negeri.

“Bisa dipenuhi saudara-saudara?,” tanya SBY di depan para hadirin yang membuka pameran dan seminar Feed The World di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (29/1).

Ia menjelaskan Indonesia telah memiliki 15 komiditas strategis yang harus terus dijaga dan dikembangkan, di antaranya ada 6 sektor-sektor yang berbasis ekspor seperti sawit, kakao, tuna, udang, kopi, dan teh.

Sementara ada dua komoditas yang cukup penting dalam menjaga kesehatan masyarakat yaitu daging sapi dan ayam. Juga ada pangan pokok yaitu beras, jagung, gula, dan kedelai.

“Ada tiga yang populer mangga, pisang, dan jeruk,” imbuhnya.

Ia mengatakan dalam rangka meningkatkan produksi pangan justru yang harus dikembangkan adalah inovasi serta penelitian dan pengembangan dalam pemanfaatan lahan. Jangan sampai peningkatan produksi disikapi dengan membuka lahan-lahan baru. “Lebih baik memanfaatkan lahan terlantar,” serunya.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…