Jumat, 29 Januari 2010 14:57 WIB News Share :

Menkes
Saatnya penerapan standarisasi Puskesmas

Yogyakarta–Menteri Kesehatan Republik Indonesia Endang Rahayu Sedyaningsih menyatakan sudah saatnya menerapkan standarisasi untuk pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).

“Nanti puskesmas dapat memilih model standar seperti apa yang akan diberlakukan,” kata Menkes di sela-sela kunjungan kerjanya ke Puskesmas Jetis Kota Yogyakarta, Jumat (29/1).

Menurut dia, ada beberapa model standarisasi puskesmas yang akan diberlakukan disertai dengan standar pelayanan minimum dan puskesmas memiliki kebebasan untuk meningkatkan kelasnya sesuai standar yang dipilih.

Dalam kunjungan kerja ke Puskesmas Jetis tersebut, Menkes didampingi oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana setelah sebelumnya bertemu dengan Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Choirul Anwar menyatakan bahwa Puskesmas Jetis telah memperoleh ISO 9001 sejak empat tahun lalu, dengan sebagian besar pasien adalah warga kurang mampu di sekitar puskesmas. Setiap hari, ada sekitar 150-200 pasien yang berobat di puskesmas tersebut.

Sedangkan Kepala Puskesmas Jetis dr Erna menyatakan, setiap tahun pihaknya memperoleh dana dari dari pemerintah pusat, salah satunya adalah untuk pengembangan puskesmas seperti rehabilitasi fisik dan juga dana jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas).

Erna menyebut, dana jamkesmas yang akan diterima yaitu sebesar Rp 51 juta untuk 5.253 peserta.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…