Jumat, 29 Januari 2010 14:52 WIB News Share :

Golkar dan PKS kunci pemakzulan Boediono


Jakarta-
-Hasil akhir keputusan pansus angket Century dianggap berpotensi menjadi titik masuk upaya pemakzulan Wapres Boediono. Akan tetapi hasil akhir pansus tersebut tergantung pada konfigurasi politik dari parpol, terutama sikap Golkar dan PKS.

“Pernyataan akhir pansus seperti apa, itu titik masuk apakah pemakzulan dimungkinkan atau tidak. Peluangnya tergantung dua partai yaitu PKS dan Golkar,” kata Direktur Eksekutif Reform Institute, Yudi Latief usai acara diskusi di DPD RI, Senayan, Jumat (29/1).

Menurut Yudi, skandal Century adalah kasus politik luar biasa karena objek hukumnya sulit dipertahankan. Apalagi kasus ini diduga menyangkut hal-hal yang terkait dengan posisi-posisi tertentu.

“Bisa saja fakta hukumnya mungkin (dimakzulkan), tapi karena dimensi politik besar, bisa saja nanti yang mungkin dibilang tidak mencukupi,” jelasnya.

Putusan akhir pansus Century mengenai siapa yang bertanggung jawab, lanjut Yudi, tergantung konfigurasi di parlemen. Namun begitu, Yudi menganggap peluang pemakzulan masih ada. “Kalau PKB, PPP dan PAN solid mendukung (pemerintah), PDIP, Gerindra dan Hanura itu oposisi, Tinggal Golkar dan PKS bagaimana?,” jelasnya.

“Semua itu tergantung juga mood elit-elit politiknya, bargaining-bargaining politik, bukan hanya di lingkaran-lingkaran kekuasan,” tutupnya.

dtc/isw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…