Jumat, 29 Januari 2010 18:17 WIB Klaten Share :

Belasan ribu warga berebut Apem Yaqowiyu

Klaten (Espos)--Kegiatan sebaran apem sebagai puncak upacara adat Yaqowiyu di Jatinom, Klaten, berangsung semarak, Jumat (29/1).

Belasan ribu warga turut memeriahkan upacara yang digelar setahun sekali tersebut. Hari itu, antusias pengunjung sangat tinggi. Kendati upacara penyebaran apem baru dimulai setelah Salat Jumat, namun, sejak pagi hari kondisi jalanan menuju Masjid Gedhe Jatinom sudah dipadati oleh pengunjung yang ingin memeriahkannya.

Menjelang upacara penyebaran apem itu berlangsung, tanah lapang itu sudah menjadi lautan manusia. Panas terik matahari tak menyurutkan niat mereka untuk menunggu saat-saat apem itu disebar. Di tanah lapang itu, terdapat dua buah menara setinggi sekitar delapan meter.

Dari atas menara inilah, sejumlah panitia yang mengenakan pakaian serba putih menyebar apem yang jumlahnya mencapai sekitar 4,5 ton.

m82

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…