Jumat, 29 Januari 2010 23:07 WIB Sragen Share :

3 Distributor Petrokimia tak penuhi syarat


Sragen (Espos
)–Komisi II DPRD Sragen menilai tiga distributor baru dari PT Petrokimia Gresik yang ditempatkan di wilayah Kabupaten Sragen tidak memenuhi persyaratan yang diatur dalam SK Menteri Perindustrian dan Perdagangan (Menperindag) No 27/2009.

Komisi II meminta kepada produsen pupuk tersebut untuk mencabut keputusan penetapan distributor baru itu.
Penilaian tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPRD Sragen, Bambang Widjo Purwanto setelah melakukan pengecekan ke salah satu distributor di wilayah Kecamatan Ngrampal, Jumat (29/1).

Pengecekan distributor dengan kegiatan inpeksi mendadak (Sidak) itu dilakukan sebagai tindak lanjut atas surat dari Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) dan hasil rapat Komisi II dengan Dinas Perpajakan dan Perdagangan (DP2D) Sragen, Badan Pelaksana Penyuluh (Bapeluh), Dinas Pertanian dan sejumlah instansi terkait pada Rabu (27/1) lalu.

Lebih lanjut Purwanto menambahkan, persyaratan lainnya minimal harus menjadi pengecer selama dua periode musim tanam dan sebagainya. Mengenai rekomendasi itu, lanjut dia, belakangan diketahui bahwa rekomendasi DP2D itu turun setelah SK penunjuka tiga distributor dari produsen turun, sehingga produsen menetapkan tiga distributor baru itu tanpa rekomendasi DP2D.

“Solusinya dalam waktu dekat, kami akan mengundang produsen agar bisa menarik tiga distributor ini, karena tidak memenuhi SK Menperindag itu. Produsen boleh menempatkan distributor baru, tetapi harus mengacu pada aturan yang ada, tidak seenaknya saja. Saya mensinyalir ada kepentingan lain atau ada insible hand di balik penunjukan tiga distributor itu,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Perdagangan DP2D Sragen, Rihandayani mengaku sudah memberikan rekomendasi kepada tiga distributor itu. Menurut dia, ketiga distributor itu sudah memiliki kriteria persyaratan yang ditentukan dalam SK Menperindag 27/2009 tentang Pengaturan Distribusi Pupuk. Kewenangan untuk penunjukan itu, imbuhnya, ada di produsen, DP2D hanya memberikan rekomendasi.

trh

lowongan kerja
lowongan kerja YAYASAN AL-ABIDIN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Ketahanan Psikologis Mencegah Pelajar Bunuh Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/6/2017). Esai ini ditulis Ahmad Saifuddin, dosen di Institut Agama Islam Negeri Surakarta dan Sekretaris Lakpesdam PCNU Kabupaten Klaten. Alamat e-mail penulis adalah ahmad_saifuddin48@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Pada Sabtu (3/6/2017) saya terkejut ketika membaca Harian…