Kamis, 28 Januari 2010 16:04 WIB News Share :

Vietnam siap tinggalkan Indonesia di bidang investasi


Jakarta–
Menteri Perindustrian MS Hidayat mengungkapkan Vietnam memiliki kesungguhan untuk bersaing dengan Indonesia dalam merebut peluang investasi asing di regional ASEAN. Bahkan Vietnam akan mengerahkan berbagai insentif yang lebih dari yang diberikan Indonesia kepada investor asing.

Hal ini diketahui Hidayat dari rekannya yang merupakan investor asing menyampaikan masalah tersebut kepadanya. Melalui temannya tersebut, terungkap pihak badan koordinasi penanaman modal (BKPM) Vietnam siap memberikan segala insentif kepada investor asing melebihi apa yang diberikan Indonesia.

“Di Vietnam kepala BKPM-nya menanyakan, di sektor ini apa yang diberikan Indonesia, saya bisa berikan lebih baik,” kata Hidayat menirukan rekannya yang sempat bertemu dengan pihak badan koordinasi modal Vietnam.

Hidayat menambahkan masalah persaingan menarik investasi antar negara ASEAN sudah menjadi sesuatu yang tidak bisa dihindari. Apalagi pada tahun 2015 nanti Indonesia bersama 9 negara ASEAN lainnya akan memasuki masyarakat ekonomi ASEAN.

“Sekarang yang menjanjikan itu di Asia dan ASEAN, di Asia yang sudah laku itu India dan China. Di ASEAN saya ngotot jualan,” tegasnya.

Untuk itu, kata dia, masalah kepastian hukum, regulasi iklim investasi harus kondusif seperti soal penggunaan hak milik tanah. Hal-hal semacam ini menurut Hidayat penting dibenahi agar para investor yang sudah berminat berinvestasi ke Indonesia jangan sampai berhenti di tengah jalan apalagi mengalihkan investasinya ke negara lain.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…