News
Kamis, 28 Januari 2010 - 09:16 WIB

Mahinda unggul dalam Pemilu Presiden di Sri Lanka

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Colombo-
-Presiden Sri Lanka Mahinda Rajapakse memenangkan pemilihan presiden ulang pada Rabu (27/1). Mahinda memenangkan pemilihan itu lewat katakutan pada ancaman pembunuhan saat pasukan bersenjata mengelilingi tempat tinggalnya di Colombo Hotel.

Mahinda memperoleh 57,9 persen suara rakyat dalam pemilihan presiden hari Selasa (26/1) lalu. Pemilihan ini adalah kali pertama diadakan sejak kemenangan militer atas pemberontak Macan Tamil pada Mei 2009 lalu, setelah beberapa dekade terjadi perang saudara.

Advertisement

“Ini adalah kemenangan bagi rakyat dan saya berterima kasih kepada mereka yang memberikan suara bagi saya dan orang-orang yang tidak. Aku akan bekerja untuk mereka semua,” ujar Marinda lewat AFP, Kamis (28/1/2010).

Sementara itu sang penantang utama, mantan panglima militer Sarath Fonseka, hanya memperoleh 40,1 persen suara dan bersumpah menggugat hasil pemilihan tersebut di pengadilan.

Mahinda Rajapakse dan Sarath Fonseka sendiri sebelumnya adalah tokoh-tokoh yang dielu-elukan oleh warganya karena telah berhasil mengakhiri pemberontakan Macam Tamil. Setelah bersekutu di medan perang, keduanya malah menjadi lawan pada pemilihan presiden Sri Lanka.

Advertisement

Fonseka memutuskan untuk menantang Mahinda dalam perebutan kursi nomer satu di Sri Lanka. Menurut Fonseka, pemerintah sedang merencanakan untuk membunuhnya dengan menghapus penjaga keamanan pribadinya dan menuduhnya sebagai dalang dari serangkaian pembunuhan.

“Mereka berperilaku seperti pembunuh. Kita tidak akan pernah menerima hasil ini. Kami akan permohonan (pengadilan) terhadap hal itu,” pungkasnya.

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif