Rabu, 27 Januari 2010 15:28 WIB News,Ekonomi Share :

Rupiah sore turun Rp 9.400/ dolar

Jakarta– Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Rabu sore merosot mencapai angka Rp9.400 per dolar, karena pelaku pasar pada sesi ini makin aktif melepas mata uang lokal di pasar uang.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar melemah menjadi Rp9.400-Rp9.410 per dolar dibanding hari sebelumnya Rp9.375-Rp9.385 atau turun 25 poin.

Pengamat pasar uang, Edwin Sinaga di Jakarta, Rabu mengatakan, koreksi harga terhadap rupiah masih berlanjut, karena pelaku masih membutuhkan dolar dalam jumlah yang besar.

Baik korporasi maupun inndividu menjelang akhir bulan ini memerlukan dolar untuk membayar utang yang sudah jatuh tempo, katanya.

Rupiah, menurut Edwin Sinaga yang juga Dirut Finan Corpindo Nusa , kemungkinan akan terus melemah hingga mendekati angka Rp9.500 per dolar.

Namun upaya kesana akan dihambat oleh Bank Indonesia (BI) agar kemerosotan rupiah tidak terlalu cepat, karena dikhawatirkan akan dapat menembus level Rp9.500 per dolar.

BI kemungkinan tidak menyukai rupiah menyentuh level Rp9.500 per dolar, dan kemungkinan rupiah akan berkisar antara Rp9.450 sampai Rp9.500 per dolar dalam waktu lama, ucapnya.

Meski demikian, lanjut Edwin Sinaga,  peluang rupiah untuk menguat masih ada, apabila kasus Bank Century terselesaikan dan membaiknya situasi  politik setelah bergejolak di dalam negeri.

Apalagi ada isu akan ada demo besar-besaran oleh para mahasiswa maupun lembaga swadaya masyarakat , maka desas-desus akan kembali menekan rupiah makin terpuruk, ucapnya.

“Kami harapkan BI dapat mengatasi tekanan pasar yang makin membesar sehingga keterpurukan rupiah dapat dieliminir,”katanya.

ant/isw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…