internet
Rabu, 27 Januari 2010 17:42 WIB Pendidikan Share :

Nasib UN ditentukan malam ini

Jakarta–Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tak kunjung mulus. Pemerintah dalam hal ini Depdiknas bersikeras akan tetap menggelarnya sementara tak sedikit juga yang kontra. Nasib UN akan ditentukan malam nanti.

“Baru nanti malam pukul 19.00 WIB akan diputuskan apakah tetap dilaksanakan UN ataukah tidak,” ujar anggota Komisi X DPR Dedi Gumelar dalam jumpa pers pandangan tentang pandangan FPDIP dari Komisi X tentang UN, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (27/1). Nanti malam, Komisi X akan mengadakan rapat kerja dengan Mendiknas membahas UN.

Miing, panggilan akrab Dedi menyatakan,  fraksinya bulat menolak UN 2010 jika pemerintah menjadikan UN sebagai satu-satunya penentu kelulusan dan pemerintah bersikeras tidak menjalankan putusan PN Jakpus 3 Mei 2007 yang dikuatkan putusan PT DKI Jakarta 6 Desember 2007 dan putusan Mahkamah Agung (MA) 14 September 2009. Amar putusan itu ada tiga yaitu:

Putusan itu pertama, adalah pengadilan memerintahkan pada pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru, kelengkapan sarana dan prasarana sekolah, akses informasi yang lengkap di seluruh daerah, sebelum mengeluarkan kebijakan pelaksanaan UN lebih lanjut.

Kedua, pengadilan memerintahkan pemerintah untuk mengambil langkah kongkret untuk mengatasi gangguan psikologis dan mental peserta didik dalam usia anak akibat penyelenggaraan UN.

Ketiga, pengadilan memerintahkan pemerintah untuk meninjau kembali sistem pendidikan nasional.

Miing menyatakan, dengan adanya UN selama ini, maka jerih payah anak-anak dari semester satu tidak dihitung.

Miing menambahkan, pemerintah tidak mendukung ujian sekolah karena sekolah nantinya akan meluluskan seluruh siswanya.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…