Rabu, 27 Januari 2010 20:01 WIB Pendidikan Share :

Mayoritas fraksi setuju UN dilanjutkan

Jakarta–Ketua Panitia Kerja Ujian Nasional (UN) pada Komisi X DPR Rully Chairul Azwar mengatakan mayoritas fraksi menyetujui UN dilanjutkan dengan beberapa catatan.

Seusai rapat panitia kerja UN di gedung DPR/MPR Jakarta, Rabu (27/1), Rully mengatakan fraksi yang setuju UN dilanjutkan dengan catatan terdiri atas Fraksi Partai Demokrat, Partai Golongan Karya, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa.

Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak setuju pemerintah menggunakan UN sebagai satu-satunya syarat kelulusan sementara Fraksi Partai Hanura tidak menyampaikan pendapat karena tidak hadir.

“Usulan PKS dan PDIP, UN tidak menjadi syarat kelulusan. Tidak mungkin. Karena nanti tidak ada upaya dari sekolah untuk meningkatkan mutu. Jadi tidak ada upaya sama sekali,” kata Rully.

Anggota Panitia Kerja UN Komisi X DPR dari Fraksi PDIP Tb Dedi Suwandi Gumelar mengatakan pihaknya tidak setuju UN dilanjutkan sebelum pemerintah untuk meningkatkan sarana prasarana sekolah, mutu guru dan akses informasi bagi seluruh daerah.

“Karena pengadilan memerintahkan kepada pemerintah menyelesaikan perbaikan itu sebelum menggelar UN,” katanya.

Ia mengatakan pemerintah harus mengakui bahwa selama ini penyelenggaraan UN belum dipersiapkan dengan baik dan menimbulkan beberapa ekses negatif seperti kecurangan oleh sekolah maupun siswa.

“Kecurangan dan kebocoran soal sering terjadi karena semua mau terlihat baik.  Kepala daerah ingin kelulusan di daerahnya baik kemudian memaksa kepala sekolah mewujudkan itu sehingga akhirnya mereka melakukan apa saja supaya siswa-siswanya lulus UN,” katanya.

Selain itu, kata dia, hasil UN juga tidak mencerminkan peta mutu pendidikan nasional yang sebenarnya.

Rully menjelaskan, fraksi-fraksi yang setuju UN dilanjutkan menghendaki pemerintah melakukan beberapa hal dalam penyelenggaraan UN termasuk diantaranya memperkuat pengawasan agar tidak terjadi kebocoran soal dan kecurangan.

ant/fid

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…