Selasa, 26 Januari 2010 12:28 WIB Ekonomi Share :

Pemerintah siapkan subsidi energi langsung

Jakarta– Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Darwin Z. Saleh, mengatakan pemerintah menyiapkan skema subsidi energi yang akan mengarah kepada skema subsidi langsung.

“Skema subsidi kita akan semakin mengarah ke subsidi langsung,” kata Darwin usai rapat koordinasi membahas sistem logistik nasional (sisloknas) di Kantor Menko Perekonomian Jakarta, Selasa.

Pengalihan sistem subsidi khususnya subsidi bahan bakar minyak (BBM), listrik, dan pupuk merupakan salah satu dari program 100 hari pemerintah.

Rencana aksi atas program itu adalah perumusan pengalihan sistem subsidi BBM, pupuk, dan listrik. Penanggung jawab program ini adalah Kementerian ESDM dan Kementerian Pertanian. Sementara instansi terkaitnya adalah Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN.

Selain menjadi penanggung jawab program pengalihan subsidi, Kementerian ESDM juga menjadi penanggung jawab program jaminan pasokan energi yang memuat 4 rencana aksi.

Keempat rencana aksi itu adalah pemenuhan BBM dalam negeri khususnya Indonesia bagian Timur, dan perencanaan pasokan gas bumi untuk keperluan domestik.

Selain itu penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Menteri ESDM tentang Pasokan Batubara Dalam Negeri (DMO), dan penerbitan Perpres tentang Proyek Percepatan Pembangunan Pembangkit Tenaga Listrik 10.000 MW Tahap II.

“Program 100 hari berjalan baik, termasuk skema pengalihan subsidi dan pemetaan pasokan gas,” kata Darwin.

Ia menyebutkan, pemetaan pasokan gas yang disiapkan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pembangkitan tenaga listrik tetapi juga untuk produksi pupuk.

“Juga ada rencana induk jaringan transmisi gas bumi nasional,” kata Darwin.

ant/isw

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…