Selasa, 26 Januari 2010 14:42 WIB News Share :

Lonjakan harga beras picu inflasi naik

Jakarta--Pemerintah mulai mewaspadai lonjakan harga beras akhir-akhir ini. Hal itu diprediksi akan memberikan kontribusi besar bagi meningkatnya inflasi selama Januari 2010.

Demikian disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati usai Rapat Paripurna DPR RI di Gedung DPR RI, siang ini (26/1).

“Kita lihat hanya beras yang mungkin harus kita waspadai. Kontribusinya masih cukup besar. Jadi di luar faktor itu saya rasa sih semuanya masih cukup stabil,” ujar Sri Mulyani.

Untuk harga-harga lainnya, lanjut Sri Mulyani, masih cukup stabil. Sehingga ia meyakini inflasi secara year on year untuk Januari 2010 nanti masih di bawah 3%.

“Kalau annual mungkin masih di bawah 3% untuk year on year dari Januari ke Januari,” pungkas Sri Mulyani.

Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya menyatakan inflasi pada Desember 2009 sebesar 0,33%. Secara total inflasi selama tahun 2009 hanya 2,78%.

dtc/isw

Kolom

GAGASAN
Kids Zaman Now Membaca Media Cetak?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (12/2/2018) dan Harian Bisnis Indonesia edisi Sabtu (10/2/2018). Esai ini karya Lahyanto Nadie, pengampu Manajemen Media Massa di Kwik Kian Gie School of Business dan pengurus Yayasan Lembaga Pers dr. Soetomo Jakarta. Solopos.com,…