Senin, 25 Januari 2010 12:50 WIB Internasional Share :

Jerman kirim pasukan tambahan ke Afghanistan

Berlin–Atas desakan pemerintah AS, pemerintah Jerman akan mengirimkan pasukan tambahan ke Afghanistan. Kemungkinan sekitar 500 tentara tambahan akan dikirimkan ke negeri itu.

Demikian diberitakan surat kabar Jerman, Rheinische Post mengutip sumber-sumber pemerintah seperti dilansir kantor berita Reuters, Senin (25/1).

Menurut media tersebut, Kanselir Jerman Angela Merkel, Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle dan Menteri Pertahanan Karl-Theodor zu Guttenberg telah setuju untuk menambah kekuatan pasukan Jerman di Afghanistan.

Kepastian mengenai berapa jumlah pasukan tambahan Jerman yang akan dikirimkan ke Afghanistan akan diputuskan sebelum konferensi di London, Inggris mengenai masa depan Afghanistan. Konferensi tersebut akan dibuka pada Kamis, 28 Januari mendatang.

Kabarnya pasukan tambahan Jerman tersebut akan lebih difokuskan pada pelatihan pasukan keamanan Afghan. Pada Sabtu, 23 Januari lalu, Kanselir Jerman Angel Merkel mengatakan, Jerman akan mempercepat operasi pelatihan pasukan keamanan Afghan di wilayah utara negeri itu.

“Kami akan melakukan komitmen pelatihan kami di sana, dan dengan cara yang lebih cepat dan terkonsentrasi dibanding saat ini,” kata Merkel.

Hasil-hasil polling di Jerman menunjukkan mayoritas warga Jerman menginginkan pasukan mereka ditarik dari Afghanistan. Namun pemerintah Berlin telah didesak pemerintah AS dan kepemimpinan NATO untuk meningkatkan jumlah pasukan Jerman di negeri itu.

dtc/isw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…