Guru tak ber-NUPTK, pencairan tunjangan profesi terganjal


Solo (Espos)–
Pendidik dan tenaga kependidikan yang tidak memiliki nomor urut pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK) akan terganjal dalam proses pencairan tunjangan profesi.
NUPTK merupakan nomor induk yang wajib dimiliki oleh semua guru, baik PNS maupun non-PNS.

Walau demikian, guru yang belum memiliki UNPTK berhak mengajukan sertifikasi. “Boleh saja guru tak punya UNPTK mengajukan sertifikasi, tapi akan terganjal saat pencairan,” ujar Kasi Pemetaan Mutu dan Supervisi Pendidikan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jateng, Tartib Supriyadi SIP MIP saat dihubungi wartawan, Senin (25/1).

Jalur pembuatan NUPTK antara lain dimulai dari sekolah, Dikpora, Provinsi yakni LPMP kemudian pusat. Tartib menyatakan belum semua guru dan tenaga kependidikan memiliki UNPTK. Menurutnya, saat ini pedataan masih terus berjalan.

Sementara itu Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Disdikpora Solo, Sugiyanto menyatakan ketidaksediaan NUPTK tersebut tidak menghalangi pencairan tunjangan profesi di tahun lalu. “Tahun kemarin tunjangan bisa cair walau belum ada NUPTK. Yang jelas tidak ada larangan kepada guru yang belum punya NUPTK untuk mengajukan sertifikasi,” jelasnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya.

Dari data yang dimiliki Disdikpora Solo, di tahun 2010 ini terdapat 14.264 individu berdasarkan tingkat sekolah dan status NUPTK. Dari angka tersebut terdapat 944 individu berstatus NUPTK sedang diajukan, 12.545 diterima, 35 ditunda, 22 dibatalkan, 313 ditolak dan 405 ditunda karena tidak lengkap. Angka-angka tersebut mencakup tingkat sekolah TK, SD, SMP, SLB, SMA, MI, MTS dan MA.

Sugiyanto menambahkan sertifikasi tetap diprioritaskan kepada guru-guru berdasarkan golongan, masa kerja, usia , pendidikan dan juga prestasi.

m85

Editor: | dalam: Pendidikan |

36 Komentar pada “Guru tak ber-NUPTK, pencairan tunjangan profesi terganjal”

  1. 26 Januari 2010 pukul 05:50

    saya beberapa kali mengajukan hingga sekarang NUPTK belum turun padahal kami telah lulus sertifikasi mohon petunjuk

  2. iken budha
    26 Januari 2010 pukul 07:39

    profesionalisme adalah harga mati bagi guru…akan tetapi standard sertifikasi bagi guru2 sudah memenuhi tuntutan tsbt apa tdak pertanyaannya….tetap saja masih bnyk guru2 yg mangkir dari tanggung jawab ngajar dan hanya memberikan LKS untuk siswa2 mrk…

  3. margono
    26 Januari 2010 pukul 12:46

    bagaimana ngurus NUPTK ? Di MAN Purwodadi baru ada 2 guru yang sudah mendapat NUPTK. Padahal sudah 5 bulan yang lalu mengajukan. Terus gimana ?????

  4. adriyana
    5 Februari 2010 pukul 22:47

    saya sudah sertifikasi 2009,,, dan telah memiliki sertifikat tetapi belum ada nuptknya,,, padahal saya sudah memasukkan berkas dua tahun lalu,,, gmn pak,,,, apa tunjangan nya akan dipending?????
    skarang lg gencar urus nupk.. tp rerhalang,,, karena dikhususkan hnya yg sudah memiliki nuptk untuk diperbaharui kembali

  5. siswondo
    8 Februari 2010 pukul 18:07

    saya sudah mengajukan be
    lum keluar..apa guru harus ngurus sendiri.apakah NUPTK pihak dinas kec ndak bisa ngurus

  6. jayatur simarmata
    9 Februari 2010 pukul 15:57

    sy sudah ada NUPTK tp hrs ada juga surat yang ditrbitkan oleh dinas yang mengusulkan baru bs ikut sertifikasi. sy pindah dari kab.pakpak bharat ke pemko medan, orang dinas di medan bilang saya harus minta surat NUPTK atas nama saya sendiri dari dinas pakpak bharat,padahal dinas pakpak bahrat jg hanya mengeluarkan NUPTK yang kolektif per sekolah, dan guru guru yang sudah sertifikasi dari sana juga hanya dikasih NUPTK yang kolektif per sekolah. jadi bingung pak…. gak ngerti….. bingung. mau mengusulkan aja sudah sulit ya.. gimana ini?? tlg di jelasin krn msh sangat gk ngerti.

  7. RATNA
    17 Februari 2010 pukul 17:21

    sy sdah mengajukan NUPTK 3 th yg lalu namun sampai skarang blum keluar, pdhal sy sdah merevisinya 2x apakah nsib sya terganjal di NUPTK? pdhal ada gru yg mengajar d 2 SD mlah mendapat 2 NUPTK. terus terang sya merasa terganjal dng blum keluarnya NUPTK, bagaimana ch kinerja LPMP ini ? masih relevankah tgas dr LPMP itu, menulis dta sja sampai terlewatkan?!?!?

  8. irwansyah A.Ma
    27 Februari 2010 pukul 01:04

    asslamualaikum…pak..saya sudah mengajar slama 4 tahun di sebuah sekolah yg ada di aceh singkil tapi NUPTK dan masuk ke Data base jg belum..jadi saya mohon petunjuk.????

  9. Inna Nurmafiyanti, S.Ag
    2 Maret 2010 pukul 12:26

    Saya, seorang guru yang mengajar di MTs sudah lulus Sertifikasi melalui MD, tapi sampai sekarang NUPTK belum keluar. Tolong kepada Bapak/Ibu/saudara yang ada di Dinas terkait mohon untuk diraelisasikan. Padahal saya sudah mengirimkan biodata saya sesuai format NUPTK 2 kali melalui Kantor Departemen Agama Kab. Purbalingga. Terima kasih atas perhatiannya.

  10. maryuni
    15 Maret 2010 pukul 14:38

    saya sebenarnya dah punya nuptk tapi turunnya di tk lain kecamatan dan sekarang sk saya di sd bagaimana cara mutasi nuptk itu dan mendapatkan kartu nuptk

  11. Sri Siswati, S.Pd.SD
    6 April 2010 pukul 19:58

    Saya, guru SD Tritihkulon 10 Kec.Cilacap Utara Kabupaten Cilacap, sudah pernah disuruh ngisi blangko pengajuan NUPTK tapi sampai sekarang kok belum keluar ya? Bagaimana caranya supaya no cepat keluar? Sebab dari Kec. Cilacap Utara yang keluar baru sedikit. Mohon dibalas dan terima kasih atas tanggapannya.

    • ZAHRAH
      17 Mei 2010 pukul 11:06

      KALO MAU CEPAT KELUAR PAKE PELICIN BU SEPERTI DI DAERRAH SAYA RATA-RATA 200 RIBU LAH..

  12. semut putih
    7 April 2010 pukul 10:01

    saya malah punya nuptk, pakai saja punya saya saja mbak sis

  13. anis tri anggrahini
    20 April 2010 pukul 14:33

    saya, guru BA BULAKAN SUKOHARJO, sudah sering mengisi blangko pengajuan nuptk tapi sanpai sekarang kok belum keluar. bagaimana cranya supaya cepat keluar ya?? terima kasih

  14. asep fahruroji
    22 April 2010 pukul 14:06

    sekarang aja website NUPTK (www.nuptk.info) lagi bermasalah, gimana mo liat NUPT yg baru di usulkan !!!!!

  15. agus
    30 April 2010 pukul 10:31

    gmn cie syarat2nya buat nuptk?

  16. Entik Nurhayati
    7 Mei 2010 pukul 00:52

    saya pernah mengusulkan nuptk, setelah keluar yang memiliki nomor tersebut ada dua orang. saya cek di internet nama saya tidak ada. sy konfirmasi ke dinas lampung utara, data saya ada,dan benar bhw data tsb dimiliki 2 orag. apakah ini berkaitan dengan tunjangan yang belum saya terima sampai saat ini?mohon dibalas. terima kasih.

  17. HM.SUCIPTO.SE
    20 Mei 2010 pukul 16:22

    8 TAHUN MENGAJAR TIDAK PUNYA NUPTK DAN BELUM DIANGKAT JADI GURU MOHON INFO YANG LAIN

  18. rizal
    22 Mei 2010 pukul 22:30

    minta bentuk formulir pengisian NUPTK ya……

  19. 28 Mei 2010 pukul 23:44

    PNS NON PENDIDIKAN dan bekerja sampingan ke guru apakah butuh unptk?

  20. 10 Juni 2010 pukul 19:55

    saya sudah memiliki NUPTK, tapi dalam surat edaran Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan saya belum memiliki NUPTK dan tunjangan saya akan terganjal. bagaimana jalan keluarnya?

  21. jalaris sirait
    15 Juni 2010 pukul 09:05

    1.Di Kabupaten Simalungun banyak guru-guru yang memiliki nuptk ganda ! gimana bisa terjadi ya ?????????????
    2.Pengurusan nuptk di kabupaten simalungun propinsi sumatera utara sangat lambat kenapa bisa terjadi ???????

  22. 7 Juli 2010 pukul 07:52

    Saya ud punya nuptk sejak thn 2006 tp tunjanganx bloom2 kluar juga…
    Gimana cara pengurusanx mohon infonya

  23. nuki wibowo
    16 Juli 2010 pukul 19:09

    saya udah punya NUPTK.. sejak tahun 2007 tp saya blm pernah mendapat tunjangan.. kira2 kpn ya tunjangan itu bisa sya dapatkan. trimaksih

  24. Yoce
    23 Juli 2010 pukul 09:18

    Saya sudah mengajar di Sekolah Dasar selama 3 tahun, NUPTK-ku sudah ada . . . tapi kenapa belum juga dapat tunjangan profesi, terus kepala sekolahnya tidak pernah omong kalau ada tunjangan profesi. . . . kenapa bisa ya…… Aku jadi negative thinking ni…………

  25. ZAINAL ARIFIN
    30 Juli 2010 pukul 10:49

    seandainya sertifikasi aku turun sekarang dapat untuk biaya kuliah

  26. fauzi
    2 Agustus 2010 pukul 17:14

    mohon dipikirkan lagi tunjangan profesi guru bagi pns, sedangka tunjangan profesi guru untuk non pns sangat banyak tok tidak mendapatkan perhatian. seperti saya mengabdi sejak 1996 sampai sekarang belum pns bahkan belum ikut sertifikasi alasannya dak dapat kuota kok bisa yaaaaaaaaaaaaa?
    bagaimana unsur keadilan dan kebersamaannya???????????? apa karena saya mengabdi swastaaaaaa. kalo begitu tutup aja sekolahan swastaaaaaaaaaaa. eeeh malah tf mau di cabut karena malas kerja katanya???? padahal cuman 250 ribu / bln pikir??????. sedangkan yang pns dan yang udah sertifikasi kinerjanya pas-pasan kok bahkan lebih giat yang honoran. mana kinerja pengawasnya???????. mending dapat serifikasi toh tak ada kontrol kok. mereka (pns dan sertifikasi) gajinya 5 jutaan/bln kok sama aja dengan yang honor seperti saya… bahkan ada yang banyak yang selingkuh/ tingkah lakunya jelek knp yaaaaaaaaaaaaaa. semoga para pejabat yang baik, jujur, adil, menjadi sadar semua dan masuk surga. maaf ini hanya saya karena kesal sama diri saya…..

  27. nn
    26 Agustus 2010 pukul 19:52

    1.saya mengabdi di sekolah negri hampir 7 tahun harapan saya segra diangkat PN tapi nyatanya saya tetap bersabar
    dan saya sudah ber nuptk tapi sampai detik ini fungsional dan transport masih juga belum keluar katanya sih sebelum lebaran padahal lebaran kurang 1 minggu lagi aduh jadi capek deh saya dan malu banget pada pihak bank BRI atau Bank Jatim karena berkali-kali ngeprint tapi tidak ada transferan masuk malah hutang yang semakin menumpuk.bagaimana sedangkan yang PNS uang sertifikasi,makan dan transport uda turun .
    2.kalau pemerintah pusat Jakarta dan daerah sudah tidak ada respect pada guru gtt/swasta saya menghimbau agar dibubarkan saja gtt/guru swasta khusus guru PNS saja yang mengabdi di sekolah2 negri/swasta jika nasib guru gtt/swasta ini sangat memprihatinkan seperti katak dalam tempurung yang mendapat gaji dibawah standar UMR.dengan ijasah sarjana,penampilan menarik tapi sayang gaji diluar logika dan tidak masuk dalm htgan matematika bahkan lebih tinggi gaji pembantunya.oh nasib…..nasib…..GTT/guru swasta mengapa diriq n dirimu teraniaya siapakah yang mau peduli pada nasib kita khususnya GTT/guru swasta.Hanya Tuhan yang tahu.
    Semoga pengabdian saya dan anda yang senasib dengan saya diterima disisi Allah SWT.
    3.DISINI SAYA INGIN MENGETUK PINTU HATI DAN BELAS KASIH KEPADA PEMERINTAH AGAR MEMPERHATIKAN NASIB KAMI GURU GTT/SWASTA KHUSUSNYA YANG MENGABDI DI INSTANSI NEGRI UNTUK MERUBAH NASIB YANG TERLUNTA-LUNTA INI SEOLAH ANAK YATIM/PIATU YANG TIADA BERIBU / BAPAK.
    BAGI YANG BERBELAS KASIH PADA KAMI YANG MENGABDI BAHKAN BERPULUH-PULUH TAHUN BELUM PNS
    ATAU TUNJANGAN BELUM TURUN SPERTI SAYA SEMOGA KEBAIKAN ANDA SIAPAPUN ANDA DITERIMA ALLAH.
    Inilah nasib si umar bakrie yang tak tentu arah walau kerja profesional,tepat waktu,tapi dikebiri padahal kami sudah menghasilkan manusia-manusia yang berkwalitas,oh….Allahku aku menyesal jadi guru gtt/swsata yang bekerja dan mengajar 1 minggu keliling beberapa sekolah demi sesuap nasi dan skolah anaka kami.

  28. 7 September 2010 pukul 11:29

    jadi apa yang harus u perbuat apakah tetap bertahan n bersabar tau ngambil tindakan lain??? saya juga dah merasakan apa yang u rasakan sungguh sangat menyadihkan…

  29. yustasfa
    23 September 2010 pukul 19:10

    aku pun juga menyesal jadi tenaga guru diinstansi swasta , apalagi masa kerjaku sudah 14 thn, begitu PP no 48 thn 2005 dan PP no 43 thn 2007 disahkan aku amat sangat kecewa.Benar kata saudara nn , bubarkan aja gtt/guru swasta,biar guru pns aja yang mengabdi instansi negri / swasta.

  30. RAHMAT SANTOSO
    1 Oktober 2010 pukul 11:09

    Sekarang banyak Guru dan Karyawan yang dulu masih GTT dan PTT setelah diangkat PNS kinerjanya justru semakin menurun. ada istilah pokoknya setelah cita-citanya PNS berhasil yang kerjanya O besar. Tolong hapus sertifikasi itu pemborosan dan penghamburan uang negara.

  31. han's
    29 Oktober 2010 pukul 01:04

    saya mohon tunjangan profesi guru kab. sumenep segera direalisasikan karena saya sebagai guru swasta tidak punya pendapatan lain.
    untuk menutupi kebutuhan sehari2 saya harus ngutang dengan janji akan di bayar jika tunjangan profesi guru sudah cair..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  32. Anisatul Mustaqimah
    1 November 2010 pukul 20:20

    Saya sudah 4 kali mengirimkan Pendataan NUPTK tapi sampai sekarang belum muncul juga. Bagaimana agar pencairan NUPTK bisa lebih cepat keluar. Terima kasih.

  33. abid suro satriyo
    17 November 2010 pukul 13:13

    gimana kalo pengajuan nuptk secara online….
    adakah…? klo ada gimana caranya..???

  34. ahmad dzurrohman
    1 Februari 2011 pukul 14:28

    tolong … bisa minta formulir NUPTK PDF ommm…

  35. 2 Februari 2012 pukul 10:41

    Aq ud hmpr 3thn mngjr diinstansi swsta,aq jg ud urus NUPTK sjak 1thn yg llu tp blm jg klr NUPTK q pdhal uang 200rb da tuk pmbyarannya.jd gmn?

Silahkan bergabung untuk diskusi

Email anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan Baris

    No items.

Menarik Juga ยป