Minggu, 24 Januari 2010 20:04 WIB News Share :

Pembangunan tol Semarang-Batang dimulai 2010

Semarang–Dinas Bina Marga Jawa Tengah menargetkan proses pembangunan jalan tol Semarang-Batang sepanjang 75 kilometer, dimulai pada tahun ini.

Kepala Dinas Bina Marga Jawa Tengah Danang Admodjo, di Semarang, Minggu (24/1), mengatakan, pembangunan ruas tol ini sepenuhnya akan dibiayai oleh pihak swasta.

Meski demikian, lanjut dia, pemerintah tetap terlibat dalam memfasilitasi proses pembebasan lahan yang akan terkena proyek jalan tol ini.

Ia menuturkan, proses pembangunan jalan tol ini memang diupayakan bersamaan dengan sejumlah proyek tol lain di Jawa Tengah, seperti tol Semarang-Solo.

“Tol Semarang-Batang juga merupakan bagian dari proyek tol trans Jawa,” katanya.

Menurut dia, meski pembangunannya akan dimulai tahun ini, proses pembebasan lahan yang dibutuhkan belum sebesar pembebasan lahan untuk ruas tol Semarang-Solo.

“Pembebasan lahan sudah berlangsung, namun jumlah pasti lahan yang sudah dibebaskan belum tahu,” katanya.

Ia menuturkan, pembangunan tol Semarang-Batang tersebut diharapkan mampu mengantisipasi pertumbuhan arus lalu lintas di wilayah utara Jawa Tengah ke depan.

Sebelumnya, Sekretaris Panitia Tim Pembebasan Tanah Kabupaten Batang Fauzi Arif mengatakan, pembebasan lahan warga untuk proyek jalan tol Batang-Semarang yang ditargetkan selesai Januari 2010 terancam tidak terealisasi.

Menurut dia, hingga Januari 2010, proses pembebasan lahan untuk proyek jalan tol di Batang belum selesai karena warga minta ganti rugi tanah cukup tinggi.

Ia menjelaskan, selain ruas tol Semarang-Batang, tim ini juga bertugas untuk pengadaan lahan ruas tol Batang-Pemalang.

ant/fid

lowongan pekerjaan
ERA PLATINUM SOLO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO¬†— Kementerian Riset Teknologi dan…