Pembangunan tol Semarang-Batang dimulai 2010

Semarang–Dinas Bina Marga Jawa Tengah menargetkan proses pembangunan jalan tol Semarang-Batang sepanjang 75 kilometer, dimulai pada tahun ini.

Kepala Dinas Bina Marga Jawa Tengah Danang Admodjo, di Semarang, Minggu (24/1), mengatakan, pembangunan ruas tol ini sepenuhnya akan dibiayai oleh pihak swasta.

Meski demikian, lanjut dia, pemerintah tetap terlibat dalam memfasilitasi proses pembebasan lahan yang akan terkena proyek jalan tol ini.

Ia menuturkan, proses pembangunan jalan tol ini memang diupayakan bersamaan dengan sejumlah proyek tol lain di Jawa Tengah, seperti tol Semarang-Solo.

“Tol Semarang-Batang juga merupakan bagian dari proyek tol trans Jawa,” katanya.

Menurut dia, meski pembangunannya akan dimulai tahun ini, proses pembebasan lahan yang dibutuhkan belum sebesar pembebasan lahan untuk ruas tol Semarang-Solo.

“Pembebasan lahan sudah berlangsung, namun jumlah pasti lahan yang sudah dibebaskan belum tahu,” katanya.

Ia menuturkan, pembangunan tol Semarang-Batang tersebut diharapkan mampu mengantisipasi pertumbuhan arus lalu lintas di wilayah utara Jawa Tengah ke depan.

Sebelumnya, Sekretaris Panitia Tim Pembebasan Tanah Kabupaten Batang Fauzi Arif mengatakan, pembebasan lahan warga untuk proyek jalan tol Batang-Semarang yang ditargetkan selesai Januari 2010 terancam tidak terealisasi.

Menurut dia, hingga Januari 2010, proses pembebasan lahan untuk proyek jalan tol di Batang belum selesai karena warga minta ganti rugi tanah cukup tinggi.

Ia menjelaskan, selain ruas tol Semarang-Batang, tim ini juga bertugas untuk pengadaan lahan ruas tol Batang-Pemalang.

ant/fid

Editor: | dalam: News |

39 Komentar pada “Pembangunan tol Semarang-Batang dimulai 2010”

  1. tianov
    24 Januari 2010 pukul 21:35

    kalau boleh tau, swasta nya siapa ya…..?????

    • mayo
      26 Januari 2010 pukul 17:46

      ga boleh :p…hehe rumour nya sih group nya bakrie

      • 7 Maret 2010 pukul 03:09

        yah siapapun yang mengerjakan ga masalah yang penting program pemerintah berjalan

  2. yosi wisnu wardhana
    26 Januari 2010 pukul 17:05

    walah , suwe temen to pak.pak.
    kami sudah bosan menunggu dealnya proyek ini, sehingga membuat kami yang rencananya terkena proyek tol bersemangat malah menjadi mlempem. ya semoga rencana ini di ridloi oleh Allah SWT, Amien.

  3. haris
    30 Januari 2010 pukul 08:13

    bener g? katanya untuk derah batang yang belum terbayar akan di bayar bulan juni” kita tunggu aja

  4. mahend
    30 Januari 2010 pukul 23:08

    Yach semoga cepat terealisasi, prosesnya gak berbelit dan transparan

  5. Wachid Dachirin
    11 Februari 2010 pukul 11:27

    Proyek Tol ini meresahkan warga,bagaimana tidak,proyek sudah santer terdengar dari tahun 2007.tapi sampai sekarang 2010 belum terealisasi.warga yang mau membangun rumahnya yang sudah mulai rusak jadi ragu .Apalagi kalo melihat estimasi harga tanah yg dipatok ( atau disurvey oleh tim appresial dari Bandung ) itu harga tahun 2007.Kita semua tahu harga tanah itu tiap tahun naik sesuai dg keadaan.maka itu harusnya Investor atau Departemen terkait segera membayar pembebasan lahan agar warga segera bisa mencari tempat tinggal yg baru .kalo molor lagi sampai 2014 mungkin warga akan berfikir fikir lagi sehubungan estimasi harga yg ditawarkan adalah perhitungan harga tahun 2007.Kemungkinan malah akan berbelit dalam negoisasi pembayaran tanah yg terkena proyek Tol.Semoga tim Tol Trans Java atau lebih lebih pihak Investor bisa membaca tulisan ini dan bisa menjadi wacana untuk kebaikan bersama.Amin

  6. Wachid Dachirin
    11 Februari 2010 pukul 12:00

    Pembangunan Jalan Tol ini,benar benar telah meresahkan warga.bagaimana tdk.warga mau membangun rumahnya yg telah rusak tapi terpikirkan mau digusur,jangan jangan setelah dibiayai terus proyek jalan rumah digusur.Apalagi melihat harga yg di buat oleh Tim Appresial dari Bandung,itukan harga tahun 2007 padahal ini th 2010.Seyogyanya Investor atau Departemen terkait segera membayar pembebasan lahan tahun 2010 ini agar tidak muncul masalah baru yg lain mengenai harga yg ditawarkan adalah harga lama.Jadi seyognya harga tahun 2010 yg telah ditetapkan Investor atau pemerintah ditranparanskan biar semua tahu dan langsung disosialisasikan untuk pembayaran tahun 2010 ini.Semoga dg begitu warga tidak curiga harga yg ditawarkan oleh tim pembebasan sehingga berjalan mulus untuk pembeasannya.Dan yg lebih penting warga bisa segera mencari & membangun tempat baru dan benar benar ihlas bahwa Tol untuk kepentingan bersama.Semoga tulisan ini bisa jadi masukan positif untuk kita semua.Amin

  7. mudhy
    15 Februari 2010 pukul 13:24

    sangat lamban realisasinya utk proyek tol semarang batang khususy pembebasan lahan yang kurang transfaran…info utk pembebasan lahany kurang detail dan tdk transfaran

  8. yudha
    18 Maret 2010 pukul 11:53

    py to padahal rencana klo jalan tol jadi meh tak buat naik haji lho……uuhhhhhhhhhhhhhh putus lah harapanku

  9. paijo
    18 Maret 2010 pukul 20:34

    pripun pak ? pak ? ditenggo-tenggo kok emboten wonten kelajenganipun .Bapk penggede niat emboten damel margi tol. huaqlah pak pak kulo sampun kadung utang jgeke bayarane . lerese bade wonten nopo emboten pak penggede

  10. saonah
    18 Maret 2010 pukul 20:41

    udah lama saya menunggu kepastian pemabayaran tol sejak 2 th lalu tapi sam[pai sekarang janji tinggal janji
    secara psykologis merasa dirugikan , karena itu mohonlah dijelaskan kepastianya kapan pembebasan tanah untuk tol ruas batang pemalang saya dan juga yang lainya plong apalagi yang rumahnya kena .posisinya sewrba sulit mau diperbaiki nanti kalo digusur tidak diperbaiki sudah rusak parah. sekali lagi saya berharap segera dibebaskan/dibayar tanah yang kena tol biar tidak harap-harap cenas

  11. davin
    21 Maret 2010 pukul 20:05

    gmana sey pak kepastian pembebasan lahan tol???
    kami semua warga menunggu kepastian apa jadi atau tidak???
    jgn buat warga jadi binggung???
    apa bnr pembebasan lahan tol akan dimulai bulan juni???
    terima kasih,,,

  12. harjono
    25 Maret 2010 pukul 01:08

    Warga yg tanahnya masuk proyek bingung bila nggak ada kejelasan kapan pastinya pelaksanaan proyek dan pembayarannya ganti rugi. Karena bila perlu dana lahan mau dijual nggak bisa karna sudah masuk blok BPN, diagunkan ya bank tidak mau terima. kan repot to nek gitu…….?

  13. 15 April 2010 pukul 10:56

    kapan tol semarang batang akan dibangun ya?

  14. Catur
    15 April 2010 pukul 16:56

    iya pak bagaimana kepastianyya ? setidaknya informasi sangat dibutuhkan oleh warga… jangan diam melulu, masak molor melulu sih.. waduh nggak konsisten nih.. padahal dulu saya denger berita kalau pembebasan tol itu desember 2008, terus mundur lagi januari 2009, terus malah berita terakhir 2010.. keputusan final ditunggu pak..

  15. fajar
    17 April 2010 pukul 11:37

    iya sampai skrng di semarang belum ad info yg psti, yg saya tanyakan kpastiannya kpn?
    warga candisari rt 02/04. semarang.

  16. 29 Mei 2010 pukul 09:12

    Demikian lamanya proses jalan tol ini begitu membuat resah masyarakat termasuk saya pribadi yang terkena dampak tol, mhn bantuaanya sudah 2 tahun ini kami menunggu dan menunggu dan sehingga kita bisa merencanakan masa depan keluarga saya, tolong pemerintah memperhatikan rakyat kecil seperti kami ,terimakasih

  17. zain
    18 Juni 2010 pukul 14:32

    wah panitiane harus aktif dong ! masa sragen dari dulu ngak selesai pembebasan tanah nya . molor teruuuuuusss di tunggu niii

  18. setya
    13 Juli 2010 pukul 23:19

    Maaf pak, Kepastian pembangunan jalan itu bgmn? warga resah.
    Warga ngaliyan bingung…kesimpang siuran Rute…Kpn dimulai…dsb
    Mohon warga diberikan info. Supaya warga ada persiapan.Suwun

  19. Enya
    20 Juli 2010 pukul 12:53

    tolong dong pak, warga di daerah Purwoyoso yg terkena proyek tol diberi penjelasan yg lebih terang&JELAS tentang rute dan kepastian kpn pelaksanaannya karena ada info klo rute tol ga jadi lewat Purwoyoso, bener apa gak seh?. kami warga Purwoyoso (khususnya Sriyatno) sampe bingung mo renovasi rumah

  20. Agung
    31 Agustus 2010 pukul 16:56

    P. kapan kepastian jalan tol, yg sebenarnya akan di realisasasi jangan sampai membingungkan kami yg kena. kami sampai skrng gak bisa berbuat banyak hanya menunggu& menunggu. klo memeng jd ya di jadikan dan segera di konfirmasi. biar britanya gak simpang siur.

  21. 31 Agustus 2010 pukul 22:55

    Rencana jalan Tol Ibarat teror bagi warga Ngaliyan dan sekitar, Lahan dipatok sana-sini tapi tidak ada kepastian!!!!! yang ada hanya katanya dan katanya, banyak warga hanya bisa menunggu kepastian yang tidak pasti, mau bangun takut kegusur tidak dibangun mau ambruk, tolong pihak yg bersangkutan memberi sosialisasi pada warga dg kepastian.

  22. triyanto
    5 September 2010 pukul 08:57

    pemerintah gak konsistent n proaktif gimna kabar n perkembangannya soal tol semarang batang semua simpang siurr… warga d ombang- ambingkan kesana kemari gak ada kepastian apapun dari instansi terkait …
    fr.triyanto candisari 02/04

  23. ali Munif
    30 Oktober 2010 pukul 21:26

    tanah di ukur sudah cukup lama,, tapi kenapa sampai sekarag belum ada realisasinya? dan kapan jalan tol tersebut akan di kerjakan?

  24. rahman
    6 November 2010 pukul 11:16

    anda semua jangan sampai BERFIKIR yg jauh,,,,,,,,,,,,,,,,,
    contoh :uang TOL akan di buat naik HAJI,,,,,
    jikalau proyekmini tidak jadi anda akan menjadi STRES(prustasi)

  25. dewi
    20 November 2010 pukul 20:30

    kita warga ngalian khususnya pingin yg pasti2 aja mengenai proyek tol,,,,,

  26. Dony
    2 Januari 2011 pukul 23:14

    Rencana pembangunan Jalan tol cuman meresahkan warga, banyak orang keblinger mengharapkan yang gak pasti… Mau renovasi rmah bingung, mau jual rumah gak bisa, trus pie ki jal..????

  27. ADI
    26 Februari 2011 pukul 14:49

    TENANG SAJA BAHWA JALA TOL SEMARANG – BATANG PASTI TUNTAS PEMBAYARANNYA PERTENGAHAN TAHUN 2011 INI DAN SEKARANG SEDANG EVALUASI DAN KLARIFIKASI HASIL UKUR YANG TENTU TIDAK SEKALI JADI AGAR TDK TERJADI KONFLIK. GITU BAPAK IBU SEKALIAN.

    • Pram
      4 April 2011 pukul 11:22

      Gimana masyarakat gak resah orang informasi dari Pemerintah aja gak pernah tuntas alias tidak jelas … Kali aja masyarakat dibuat linglung dulu ya biar harganya jadi murah.

  28. ahmad rosikhin
    18 Mei 2011 pukul 03:03

    secepatnya ada kepastian karena dah terlalu lama kita warga tambak aji kebingungan mau ditanami takut tergusur ,dibiarkan saja ,eman ,terus gimana

  29. zaenuri
    28 Agustus 2011 pukul 15:00

    yang jelas masyarakat butuh kepastian bukan retorika saja,warga benar2dibikin susah dg adanya tol semarang batang krn masalahnya tidak ada kepastian yg jelas baik dr pemerintah maupun dr investor.seharusnya pemerintah ikut mengontrol proses tsb.dan harus selalu memberikan informasi yg berkembang mengenai proyek tol tsb, karena info tsb benar2 dibutuhkan oleh warga yg tanah dan rumahnya terkena proyek tsb.intinya warga butuh kepastian bukan janji,kalau melihat kondisi saat ini warga benar2 dibuat susah dg tidak adanya kepastian yg jelas dr pemerintah.

  30. Wayang
    2 September 2011 pukul 10:07

    tidak konsisten,malah ada terselip berita bahwa dana pembebasan tanah telah di korupsi,,apa benar???

  31. Amel
    20 September 2011 pukul 08:33

    bentar lagi kan direalisasi spt yg dibicarakan pak Bibit: pokoknya 2012 secepatnya direalisasi kalo nggak saya copot kalian. hehehehee

  32. 20 September 2011 pukul 19:04

    kenapa kok harus bohong …katanya bulan ini , katanya tahun ini harus berapa kali akan berbohong …tak sepantasnya terus berbohong

  33. radiet
    23 Oktober 2011 pukul 13:14

    saya harap pelaksanaan proyek jalan tol bisa terlaksana,kalau jadi ya bilang jadi kalou tidak ya bilang tidak supaya masyarakat tidak resah menunggu keputusannya

  34. boy
    7 Mei 2012 pukul 09:23

    kapan pak realisasi tol semarang batang kami warga smg menunggu kepastian sdh 5 th gak ada realisasi terima kasih pak mohon kasih info yang jelas ya pak?…………

  35. sukiman
    21 Agustus 2012 pukul 14:34

    lebih baik dibatalkan biar masyarakat tdk bingung biar mikir masa depan yang jelas tidak terpasung seperti ini

  36. Naga76
    6 Juli 2013 pukul 20:04

    Klo bisa y cepat dilaksanakan,,
    Biar tidak disangka plinplan,,

Silahkan bergabung untuk diskusi

Email anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan Baris

    No items.

Menarik Juga »