News
Sabtu, 23 Januari 2010 - 22:23 WIB

RI siap jadi tuan rumah pemilihan "7 Wonders"

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta– Republik Indonesia (RI) sedang mengupayakan agar menjadi tuan rumah acara puncak pemilihan “new seven wonders” yang akan digelar pada 2011.

“Kalau bisa kita harus menjadi “host country”(tuan rumah, red)  untuk acara puncak pemilihan “new seven wonders”,” kata Direktur Jenderal Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar), Sapta Nirwandar, di Jakarta, Sabtu.

Advertisement

Sapta Nirwandar mengatakan, Indonesia berkepentingan dengan acara itu mengingat salah satu destinasi kebanggaan Indonesia yakni Taman Nasional Komodo menjadi finalis “new seven wonders of nature”.

Menurut Sapta, dengan menjadi tuan rumah, maka nilai tambah yang akan didapatkan Indonesia sangat besar.

Advertisement

Menurut Sapta, dengan menjadi tuan rumah, maka nilai tambah yang akan didapatkan Indonesia sangat besar.

“Indonesia akan terpromosikan secara otomatis melalui acara itu,” katanya.

Pihaknya sedang mengupayakan hal itu melalui berbagai persiapan di antaranya pengusulan anggaran hingga memilih kota yang tepat sebagai tempat pelaksanaan.

Advertisement

Ia mengatakan, sampai saat ini komodo masih menjadi finalis 28 besar dalam keajaiban dunia baru versi alam.

“Rating komodo memang sempat naik turun, tapi masih tetap di “gree

Dari 28 finalis itu akan dibagi menjadi  tujuh kategori sehingga ada empat nominasi di masing-masing kelas.

Advertisement

Pesaing komodo sendiri ada tiga yakni Sunburn di China, Blackforrest di Eropa, dan Amazon yang berada di tiga negara yakni Argentina, Paraguay, dan Brazil.

“Kalau kita bisa dorong bersama, saya optimistis komodo bisa menang,” katanya.

Ia menegaskan, sebelum vote kembali dibuka pada 2011, pihaknya akan menggiatkan kembali kampanye vote komodo kepada berbagai komunitas.

Advertisement

TN Komodo sebelumnya telah sukses menempati peringkat ke-9 dari 56 nominasi dalam kategori “forest, national parks, and reservation” melalui kampanye on-line “new 7 wonders of nature”. Jumlah keseluruhan nominasi pada tahap dua adalah 261 dari 222 negara yang terbagi dalam tujuh group.

Pada 7 Juli 2009, TN Komodo berada di posisi ke-11 besar Group E sehingga dapat mengikuti seleksi tahap final. Dengan menempati posisi itu, TN Komodo dipublikasikan oleh New Open Word Foundation sebagai salah satu nominasi keajaiban dunia alam.

New Open Word Foundation bekerja sama dengan United Nation Office for Partnership yang berpusat di Swiss kembali menggelar voting untuk menetapkan tujuh keajaiban dunia alam baru.

TN Komodo sukses masuk dalam daftar 28 kandidat terpilih sehingga berhak mengikuti seleksi tahap pemilihan finalis terakhir.

Pemilihan tujuh keajaiban alam dunia yang baru sesuai pilihan populer dari 28 kandidat terpilih akan dilanjutkan pada 2010 dan 2011.

Dan 7 keajaiban alam dunia yang baru akan diumumkan secara resmi pada 2011.

ant/isw

Advertisement
Kata Kunci : RI
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif