News
Jumat, 22 Januari 2010 - 14:55 WIB

Waspadai mesin EDC di Toko-toko

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Jakarta-
-Pencurian data-data nasabah tidak hanya dilakukan lewat ATM-ATM. Melainkan juga bisa dilakukan melalui alat Electronic Data Capture (EDC) yang biasa ada di merchant-merchant atau toko-toko. Jadi waspadai juga transaksi via EDC.

Hal tersebut disampaikan Vice President Information Technology Development Departement Artajasa, Nuri Wicaksana kepada wartawan ketika ditemui di Hotel Indonesia, Kempinski, Jakarta, Jumat (22/1). PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) merupakan pengelola jaringan ATM Bersama.

Advertisement

“Bisa juga pada alat  yang tersedia di merchant-merchant atau toko kita biasa bertransaksi menggunakan kartu debet,” jelasnya.

Sementara Vice President Electronic Channel Departement Artajasa Zul Irfan menambahkan, pembobolan rekening melalui ATM dapat dilakukan mutlak jika nomor Personal Identification Number (PIN) diketahui serta data dalam kartu ATM dicopy.

“Modus pembobolan itu terletak di mesin ATM itu sendiri bukan tergantung bank atau di sistem ATM bersama. Selama tidak ada pencurian data, nomor kartu dan PIN tidak divalid, pembobolan tidak akan pernah terjadi,” tegasnya.

Advertisement

Untuk mencegah bocornya PIN, maka Zul menyarankan nasabah mengganti nomor PIN secara rutin, menutup tangan saat memasukkan PIN, atau mengacak PIN usai melakukan transaksi. Karena PIN ini umumnya diketahui oleh pembajak melalui sistem kamera yang dipasang khusus dan tersembunyi.

“Laporan dari pihak bank sendiri, saat ini kondisinya sudah melakukan perbaikan pencegahan terhadap motif pencurian data. Pencegahan itu yakni melalui cara fisik dengan memasang alat anti skimmer dan aplikasi security,” paparnya.

Aplikasi tersebut berupa “Jitter” yakni jika kita memasukkan kartu ATM akan tersendat-sendat. “Seakan-akan seret, tetapi dibiarkan saja itu merupakan alat anti skimmer,” tambahnya.

Advertisement

Zul Irfan mengatakan karena motif dari pembobolan ATM itu adalah pencurian dana dan pembuatan kartu palsu, maka dari itu transaksi yang dilakukan di ATM bank apapun sama

dtc/isw

Advertisement
Kata Kunci : Mesin EDC Pembobolan ATM
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif