Jumat, 22 Januari 2010 22:05 WIB Solo Share :

Pilkada Solo, PAN-PKS gagal usung Jokowi-Purnomo


Solo (Espos)–
Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kemungkinan besar gagal mengusung duet Jokowi-Ahmad Purnomo dalam Pilkada Solo.

Mereka gagal lantaran kepastian terkait turunnya surat rekomendasi yang menyetujui pasangan incumbent Joko Widodo dan FX Hadi Rudyatmo (Jokowi-Rudy) dari DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk maju lagi dalam Pilkada Solo muncul.

“Kalau itu positif (rekomendasi turun), ya tampaknya begitu (gagal mengusung duet Jokowi-Purnomo),” tandas Ketua DPD PKS Solo, Sugeng Riyanto saat dihubungi wartawan, Jumat (22/1).

Sugeng mengungkapkan, dalam berbagai kesempatan, Achmad Purnomo telah menegaskan tidak akan maju bila Jokowi masih maju. Namun, Purnomo, sambung dia, bersedia bila kemudian disandingkan dengan Jokowi. “Untuk itu, saat ini kami perlu bertemu dulu dengan PAN membahas langkah selanjutnya,” urainya.

Senada, Ketua DPD PAN Solo, Hami Mujadid mengatakan, partai tersebut tak lagi memiliki harapan untuk mengusung Purnomo mendampingi Jokowi, bila rekomendasi tersebut turun.

Namun demikian, saat ini pihaknya masih menanti jawaban pasti dari Jokowi terkait kesediaan orang nomor satu di Pemkot Solo itu untuk maju kembali. “PAN harus memastikan itu (maju lagi dan berduet dengan Rudy) ke Jokowi,” tegasnya.

Saat ditanya langkah-langkah taktis politis selanjutnya, baik PAN maupun PKS tidak merinci sikap detail. Hanya saja Hami menegaskan bila kemudian PAN-PKS memutuskan untuk merapat ke incumbent maka perlu deal-deal politik tertentu untuk keduanya.

haa

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU REJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Memaknai Imlek, Memulihkan Bumi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (15/2/2018). Esai ini karya Hendra Kurniawan, dosen Pendidikan Sejarah di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Penulis menekuni kajian sejarah Tionghoa. Alamat e-mail penulis adalah hendrayang7@tgmail.com. Solopos.com, SOLO–Syahdan ketika Dinasti Qing runtuh dan mengakhiri sejarah…