News
Jumat, 22 Januari 2010 - 18:41 WIB

Depkum HAM bangun 30 Lapas di 2010

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Malang–Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (Depkum HAM) merencanakan penambahan jumlah Lembaga Permasyarakatan (Lapas). Untuk itu telah disiapkan dana Rp 1 triliun pada Tahun 2010.

“Kami akan bangun lapas mulai tahun ini yang dapat menampung penghuni sebanyak 30 ribu orang. Lapas-lapas itu dibangun untuk seluruh negeri,” ujar Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar saat mengunjungi Lapas Wanita Kebonsari Malang, Jumat (22/1), sore.

Advertisement

Patrialis menambahkan, untuk mewujudkan rencana tersebut, pihaknya telah menganggarkan dana sebesar Rp 1 triliun pada Tahun 2010 ini.

Jumlah dana sebesar itu, kata dia, untuk membangun sekitar 30 sampai 40 lapas yang dapat menampung jumlah penghuni sebanyak 30 ribu orang.

“Kurang lebih sekitar 30 sampai 40 lapas akan kita bangun tahun ini dengan dana itu,” ujarnya.

Advertisement

Sementara untuk memudahkan pemetaan daerah yang memerlukan penambahan lapas. Dephum Ham meminta setiap wilayah melaporkan jumlah penghuni lapas di wilayahnya saat ini. Hal itu untuk memudahkan dilakukannya penambahan lapas.

“Dari laporan itu akan kami pelajari, dan dapat mengetahui daerah mana yang harus ditambah lapasnya,” jelasnya.

Patrialis mengungkapkan, salah satu rencana penambahan Lapas di wilayah Jawa Timur adalah pembangunan Lapas Narkotika di Madiun dan Pamekasan.

Advertisement

Dua Lapas tersebut sudah menjadi pembahasan sebagai penambahan Lapas di Tahun 2010. “Lapas narkotika itu akan mampu menampung seribu orang penghuni,” tuturnya.

Rencana penambahan dua Lapas Narkotika di wilayah Madiun dan Pamekasan juga dibenarkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur Suhabudin.

Bahwa pembangunan dua lapas tersebut sudah termasuk dalam anggaran dana sebesar Rp 1 triliun. “Sudah menjadi bahasan untuk dua lapas narkotika itu,” katanya saat mendampingi Menkum Ham meninjau Lapas Wanita Kebonsari Sukun.

dtc/isw

Advertisement
Kata Kunci : Bangun Lapas Depkum Ham
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif