internet
Jumat, 22 Januari 2010 22:22 WIB Solo Share :

April, Enam Kota/kabupaten di Jateng siap gelar Pilkada


Solo (Espos)-
-Desk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mengecek kesiapan pelaksanaan Pilkada di Solo. Kota Solo adalah salah satu dari total enam kota/kabupaten yang menggelar Pilkada April 2010.

Lima kota/kabupaten lain itu adalah Kota Pekalongan, Purbalingga, Kebumen, Rembang dan Kota Semarang. Anggota desk Pilkada Jateng, yang juga Asisten Pemerintahan (Tata Praja) Setda Pemprov Jateng, Pudjo Kiswantoro mengatakan berdasarkan peninjauan yang telah dilakukan di enam kota/kabupaten itu, persiapan Pilkada dinilai baik.

Di Solo, Komisi Pemilihan Umum (KPU) khususnya, dinilai telah melaksanakan tahapan jelang pelaksanaan Pilkada dengan benar. “Pantauan kami di kota/kabupaten yang melaksanakan Pemilu April 2010, persiapan Pilkada sudah berjalan cukup baik dan tahapannya sesuai,” ungkap Pudjo, saat ditemui wartawan, seusai pertemuan dalam rangka pengecekan, di Balaikota, Jumat (22/1).

Sementara itu, sepanjang 2010, disamping enam kota/kabupaten yang menggelar Pilkada pada April 2010, masih ada 11 kota/kabupaten lain yang sudah saatnya menyelenggarakan Pilkada.

Disinggung mengenai masih adanya daerah yang belum menyelesaikan pembahasan APBD 2010, termasuk anggaran untuk penyelenggaraan Pilkada, Pudjo mengaku Pemprov tidak akan memberi bantuan untuk itu. Namun menurut dia, hal itu tidak masalah. Pemerintah daerah setempat, terangnya, dapat membuat peraturan walikota/bupati yang mengatur mengenai pencairan dana Pilkada sebelum APBD 2010 disahkan.

Ketentuan itu tercantum dalam Permendagri No 44/2007 yang diubah menjadi Permendagri No 57/2009 tentang Pedoman Belanja Pilkada.

tsa

lowongan pekerjaan
CV. HORISON, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…