Rabu, 20 Januari 2010 19:03 WIB News Share :

Penipuan via Phone Banking, Polisi sita 70 sim card

Jakarta–Polisi membekuk 5 tersangka penipuan lewat phone banking nasabah. Dari tangan pelaku, polisi menyita  70 sim card ponsel.

Tiap kartu isinya 1 sampai 10 rekening korban. Selain itu, polisi menyita antara lain puluhan buku tabungan dari berbagai bank swasta yaitu 8 buku rekening BCA, 12 BNI, 7 Bank Mandiri, 12 buku BRI, 8 Bank Niaga, 2 Danamon, 2 Mega, 1 Jatim, 2 Kaltim.

Selain itu juga ditemukan 5 kartu ATM Mandiri, 5 ATM BRI, 2 BNI, 1 Mega,1 BCA, 1 Bukopin, 1 Sumsel, 1 Bank Naga, 4 buku rekap pin rekening serta 16 HP.

“Disita juga1 mobil Avanza, 1 TV, 1 motor dan uang tunai Rp 24 juta,” kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Utara, Kompol Adex Yudiswan, di Polres Jakarta Utara, Jalan Yos Sudarso, Jakarta, Rabu (20/1).

Menurut Adex, penipuan ini bukan termasuk cyber crime karena tersangka tidak menggunakan komputer. Latar belakang tersangka tidak ada yang berhubungan dengan teknologi. “Semua tersangka tamatan SMU. Jadi mereka belajarnya otodidak,” ujar dia. Di dekatnya dipamerkan 5 tersangka yang terus menunduk.

Sebanyak 3.000 orang diduga tertipu modus penipuan ini dengan kerugian Rp 300 miliar.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…