Rabu, 20 Januari 2010 15:55 WIB Hukum Share :

Kapolda
Pekalongan tempati urutan keempat tindak kriminalitas

Pekalongan–Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Alex Bambang Riatmodjo menyatakan, wilayah eks-Keresidenan Pekalongan, saat ini menempati urutan keempat dalam angka tindak kriminalitas di seluruh jajaran polwil di lingkungan polda setempat.

“Melihat kondisi tingkat kriminalitas di wilayah hukum Polwil Pekalongan maka perlu mendapatkan prioritas penanganan dari semua pihak,” kata Alex Bambang Triatmojo usai acara serah terima jabatan (sertijab) Kapolwil Pekalongan, di Pekalongan, Rabu (20/1).

Kapolwil baru Pekalongan, Kombes Pol Faturrahman menggantikan pejabat lama Kombes Pol Dewa Bagus Made Suharya yang berpindah tugas di Mabes Polri.

Kapolda mengatakan, selama 2009, jumlah tindak pidana di wilayah hukum Polwil Pekalongan mencapai 1.795 kasus dan telah diselesaikan 1.483 kasus atau 82,73 persen, sedangkan tindak pidana menonjol ada 896 kasus serta terselasaikan 648 kasus atau 72,32 persen.

Untuk tingkat kecelakaan lalu lintas selama 2009, katanya, terjadi 699 kasus dengan jumlah korban 164 orang meninggal dunia.

“Dengan situasi dan kondisi tersebut maka pejabat Polwil Pekalongan wajib meningkatkan sikap tanggap untuk meminimalkan ancaman kamtibmas di wilayah eks-Keresidenan Pekalongan,” katanya.

Ketika ditanya kesiapan pengamanan pilkada yang akan digelar di beberapa kabupaten dan Kota Pekalongan pada April 2010, Kapolda mengatakan, jajarannya siap mengamankan pesta demokrasi itu.

“Namun karena itu sifatnya lokal maka yang menjadi ujung tombak pengamanannya adalah jajaran polresta dan polres masing-masing wilayah. Namun, jika memang diperlukan maka Polda Jateng siap memback up,” katanya.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…