Harga tiket masuk Candi Borobudur naik

Borobudur–Pengelola kepariwisataan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menaikkan harga tiket masuk kawasan candi itu dengan diimbangi peningkatan layanan kepada pengunjung.

“Kenaikan berlaku sejak tanggal 15 Januari 2010,” kata Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Pujo Suwarno di Borobudur, Rabu (20/1).

Ia menjelaskan, harga tiket untuk wisatawan nusantara (wisnus) kategori umum pada hari Senin hingga Jumat naik dari Rp 12.500 menjadi Rp 15 ribu perorang sedangkan hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional naik dari Rp 15 ribu menjadi Rp 17.500 perorang.

Harga tiket untuk wisnus kategori anak-anak dan pelajar secara rombongan dengan jumlah minimal 20 orang, pada hari Senin hingga Jumat naik dari Rp 7.500 menjadi Rp 10 ribu perorang, hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional Rp 11 ribu perorang.

Ia mengatakan, harga tiket wisnus umum pada musim liburan Lebaran, Natal, dan Tahun Baru Rp 25 ribu perorang dan wisnus anak-anak atau pelajar Rp 12.500 perorang.

Menurut Pujo, pengunjung akan mendapatkan fasilitas pendukung wisata Candi Borobudur antara lain menonton audio visual tentang Candi Borobudur, Museum Kapal Samudra Raksa, Museum Karmawibangga, bebas biaya kamar kecil, kamera, dan video.

Ia mengatakan, harga tiket untuk wisatawan mancanegara (wisman) umum naik dari 13 dolar AS menjadi 15 dolar AS perorang dan wisman anak-anak atau pelajar naik dari tujuh dolar AS menjadi delapan dolar AS perorang.

“Asumsinya satu dolar dengan kurs Rp 10 ribu,” katanya.

Selain tambahan layanan wisata seperti diterima wisnus itu, katanya, wisman juga mendapatkan layanan panggilan naik kereta mini taman.

Ia mengatakan, TWCB juga meningkatkan program pemberdayaan dan peduli lingkungan Candi Borobudur yang juga salah satu warisan peradaban dunia itu.

ant/fid

Editor: | dalam: News |

69 Komentar pada “Harga tiket masuk Candi Borobudur naik”

  1. 8 Desember 2011 pukul 22:47

    waaaaaaaaaah sangat2” mahal tu.. tikeeet’a,,, mikkirr” dah gue plessirrr kee jandii borobuduurrrr…,

  2. artea
    11 Desember 2011 pukul 20:40

    gmana g mahal??? lhah yg kelola ja PT….
    warisan leluhur kok g dgunakan wad menyejahterakan n mencerdaskan bangsa sendiri???
    kok g dikelola ma PEMDA setempat??? malah dipegang PT???
    ujung2nya bisnis…
    untung ja tahun lalu g jd… bisa malu ma sodaraqu tw nganter ksana, tp g jd masuk… liat bekas erupsi mlh lebih menantang….

  3. artea
    11 Desember 2011 pukul 20:40

    gmana g mahal??? lhah yg kelola ja PT….
    warisan leluhur kok g dgunakan wad menyejahterakan n mencerdaskan bangsa sendiri???
    kok g dikelola ma PEMDA setempat??? malah dipegang PT???
    ujung2nya bisnis…
    untung ja tahun lalu g jd… bisa malu ma sodaraqu tw nganter ksana, tp g jd masuk… liat bekas erupsi mlh lebih menantang….

  4. dee
    13 Desember 2011 pukul 17:44

    kapan ada penurunan tiket masuk? mohon ditinjau ulang untuk tiket masuk. kami sebagai pelaku wisata makin lama makin berat. sering terjadi begitu sampai dilokasi harga sudah diluar budget kami.

  5. neneng
    14 Desember 2011 pukul 11:53

    bulan mei 2012 insyaallh dari sekolah kami akan berkunjung k borobudur, berapa harga tiket masuknya? dan harus memesan ke mana tiketnya? thanks

  6. Vinna
    22 Desember 2011 pukul 02:55

    Mahal banget! Bulan lalu ke sana sama suami n keluarganya yg kebetulan orang asing! Cuman dapet welcom drink doank! Udah itu gak dapet apa-apa lagi! Tiket diminta lagi sama pengelolanya, sarung apalagi, trus kalo mau pemandu harus bayar ekstra Rp. 7Orb!!! KETERLALUAN DAN MEMALUKAN!!!!

  7. Hasan Fauzi
    29 Desember 2011 pukul 05:47

    Tanggal 28-12-2011 kami rombongan sekitar 25 orang ke Candi Prambanan, ketika mau beli tiket, kami kaget sekali karena harga tiket masuk Rp. 30.000,- ke Prambanan saja dan Rp. 40.000,- jika ditambah satu paket dengan mengunjungi Candi Boko, akhirnya kami membatalkan berkunjung ke Candi Prambanan. Jika sebagian besar keluarga gak mau melihat peninggalan sejarah bangsanya, tunggulah kebangkrutan taman wisata candi Prambanan dan Borobudur. Cuma melihat batu aja kok mahal. coba bandingkan dengan tiket masuk ke Kebun Binatang Ragunan hanya Rp. 7.500,- untuk biaya perawatan ribuan hewan masih sangat murah dan anak2 terhibur. mohon pemda Jateng mempertimbangkan kegilaan tiket masuk tersebut agar anak cucu kita bisa mengenal peninggalan bangsa sendiri dengan harga tiket yang wajar. terima kasih

  8. Adi
    6 Januari 2012 pukul 17:08

    Iya benar pertengahan desember kemaren aku juga ke candi borobudur dan candi prambanan bawa rombongan mau masuk malah terkaget-kaget melihat harga tiket yang Rp 30.0000,-
    kok aneh ya kita pengen lihat peninggalan bersejarah kita harus mengeluarkan uang sebegitu mahal,padahal banyak bangunan candi yang juga harus bayar tiket masuk tapi gak smahal itu.
    jadinya menyesal datang kesana mending buat makan-makan…………………………

  9. adi&klg
    25 Januari 2012 pukul 01:00

    Saya beserta suami yg kebetulan orang asing dgn 2 anak serta orang tua dan adik2 saya sebenarnya merencanakan untuk mengunjungi Borobudur. Membaca banyak informasi soal tiket masuk yg begitu mahal ( Rp. 30 ribu utk WNI dan Rp. 150 ribu utk WNA) membuat hati saya kecut dan kecewa sekali. Kok kelas manusia dibeda2kan spt itu? Apakah candi ini hanya boleh dikunjungi orang2 berada saja? Lalu bagaimana dgn masyarakat Indonesia lainnya yg mungkin pendapatannya biasa2 saja? Apakah mereka hanya boleh mendengar, membaca ceritanya saja? Mohon dipertimbangkan sekali lagi. Saya terpaksa membatalkan maksud saya sekeluarga untuk mengunjungi Borobudur. Masih banyak pilihan2 dan lokasi2 wisata yg lain.

  10. adi&klg
    25 Januari 2012 pukul 01:18

    Saya beserta suami yg kebetulan orang asing dgn 2 anak serta orang tua dan adik2 saya sebenarnya merencanakan untuk mengunjungi Borobudur. Membaca banyak informasi soal tiket masuk yg begitu mahal ( Rp. 30 ribu utk WNI dan Rp. 150 ribu utk WNA) membuat hati saya kecut dan kecewa sekali. Kok kelas manusia dibeda2kan seperti itu? Apakah candi ini hanya boleh dikunjungi orang2 berada saja? Lalu bagaimana dengan masyarakat Indonesia lainnya yg mungkin pendapatannya biasa2 saja? Apakah mereka hanya boleh mendengar serta membaca ceritanya saja? Mohon dipertimbangkan sekali lagi. Saya terpaksa membatalkan maksud saya sekeluarga untuk mengunjungi Borobudur. Toh masih banyak pilihan2 dan lokasi2 wisata yg lain.

  11. ichal ayukk
    8 Februari 2012 pukul 08:05

    wahhh mahall bangett tohh . . qlo harga tiket segitu mending buat makan d angkringan ja . . hheee
    ntar liburan gag jadi ksana dechh , terlau mahal . .
    petugas emang mau nyari untung ini kyaknya . .
    kasiann pengjung yg mau ksana bila harga tiket segitu. .
    thxxx

  12. Cak Kenthir
    20 Februari 2012 pukul 14:16

    : OPOOOO??? TIKET MASUK BOROBUDUR SAMPAI 25 RIBU/ ORANG??? WONG EDAN!!! ~mau ambil uang 25 ribu saya? syaratnya.. saya mau tiap orangnya ditandu keliling area borobudur, dari pelataran sampai keliling semua relief sampai puncak candi. Dari Level KAMADHATU, RUPADHATU, ARUPADHATU, dan ARUPA.. Mau gak?? ~(gak mikir apa, dgn mahalnya tiket masuk, maka akan semakin jarang yg datang ke borobudur, terutama wisatawan dalam negeri sendiri, maka nama borobudur semakin tenggelam.. pertimbangkan itu!! ~Tiket Candi Prambanan aja cuma Rp.7500/ orang.. kalo hari libur/ hari besar Rp.10.000.

  13. nudie
    24 Maret 2012 pukul 23:00

    tgl 27 mei rencana mau ke borobudur 1 bus… cek harga…. gileee mahal amat, mau liat batu kaya liat show dangdut. mending gagal dripada nyesel…
    pemda jateng introspeksi harganya…

  14. dedi
    30 Maret 2012 pukul 12:29

    tolong untuk pengelola cagar budaya,apakah peninggalan sejarah,hanya untuk orang yang mampu,klo dengan cara ini pengelola menaikan harga tiket,maka dapat dipastikan beberapa tahun kemudian,anak cucu kita tidak mengenal peninggalan cagar budaya yang ada di negeri sendiri

  15. 5 April 2012 pukul 23:02

    yang mau wisata ke JOGJA/BOROBUDUR/PANTAI PARANGTRITIS bisa kontak saya http://www.nizamjogja.com FB:NizamJogjaTransport

  16. gogo
    30 April 2012 pukul 22:20

    maaf mau nanya ada diskon ngga………..?

  17. 5 Mei 2012 pukul 19:39

    Pitulas-selawe ewu ki yo jih masuk akal….wong memang apik, sak ndonya gur ana siji. Tur yen marai Borobudur luwih resik lan nyaman yo worthy…..*mbayangke cleaning service’e Borobudur….

  18. yahya wijaya
    18 Desember 2012 pukul 15:18

    hah msak 25 ribu/orang liat batu doank hadewwwwwwwh
    mkir2 lgi nih mo liburan thun bru ke borobudur

    turunin dikit kek

Silahkan bergabung untuk diskusi

Iklan Baris
  • RUMAH DIKONTRAKKAN

    Rumah Dikontrakkan,LT 254M2,LB 225M2,7Kmr,3K Mandi, Garasi, Jl.Kencur No.48, Rt 03/11, Kag…

  • ALAT PERAGA PENDIDIKAN

    Kami CV.GRASENA distributor Alat peraga Pendidikan mulai tingkat SD – SMP – SM…

Menarik Juga ยป