Rabu, 20 Januari 2010 23:50 WIB Sragen Share :

Dituding tak transparan, DPC PD siap beberkan transparasi dana partai

Sragen (Espos)– Unsur pimpinan DPC Partai Demokrat Sragen menyatakan kesiapannya untuk membeberkan transparansi keuangan di hadapan seluruh PAC.

Bentuk kesiapan tersebut dibuktikan dengan dipanggilnya seluruh PAC agar mendatangi pertemuan rutin di kantor DPC Partai Demokrat, Jumat (22/1) mendatang.

Demikian ditegaskan Ketua DPC Partai Demokrat Sragen, Joko Saptono saat ditemui Espos di Sragen, Rabu (20/1). Kendati pembeberan keuangan merupakan sesuatu yang harus dipenuhi saat pelaksanaan LPj 5 tahunan, namun ketika desakan tersebut murni dari aspirasi PAC akan ditampung dan dipenuhi.

“Kami tidak masalah dengan adanya desakan dari 13 PAC, bahkan kalau perlu 20 PAC. Justru adanya desakan ini harus disambut baik. Tapi, dengan catatan desakan itu tanpa ditunggangi oknum tertentu dan murni dari PAC,” katanya.

Dia mengatakan, secara umum kedudukan DPC lebih tinggi dibandingkan dengan PAC. Sehingga, logikanya DPC tidak perlu memberikan pertanggungjawaban keuangan terhadap PAC. Pembeberan keuangan yang bakal dilakukan nanti juga tidak perlu dilakukan secara formal dan dalam forum tertentu.

Saat disinggung tentang munculnya benih perpecahan di tubuh Partai Demokrat menjelang pelaksanaan Pilkada dan Konggres partai dalam waktu dekat, Joko Saptono menampik hal tersebut. Hubungan antara DPC dengan PAC selama ini berjalan dalam suasana yang kondusif.

Sebelumnnya, sebanyak 13 Pimpinan Anak Cabang (PAC) Partai Demokrat di Sragen mendesak unsur pimpinan DPC Partai Demokrat untuk berbuat transparan terkait penggunaan uang partai sejak tahun 2006.

Pasalnya, sejauh ini unsur pimpinan DPC dituding tidak bersedia secara transparan mengumumkan penggunaan uang tersebut. Bertindak sebagai koordinator pendesak transparasi keuangan, yakni Ketua PAC Sukodono, Suram Mustofa dengan juru bicanya Ketua PAC Gemolong, Ruminto dan Ketua PAC Kalijambe, Sugeng Sutrisno.

“Ke-13 PAC itu menyatakan dukungan agar DPC segera melakukan transparansi keuangan partai. Selain ketiga PAC yang disebut ada juga dari Kecamatan Sambungmacan, Kedawung, Tangen, Sambirejo, Miri, Sumberlawang, Jenar, Mondokan, dan Tanon. Seluruh dukungan ditandatangani ketua dengan stempel partai,” ujar Ketua PAC Partai Demokrat Gemolong, Ruminto didamping Ketua PAC Kalijambe, Sugeng Sutrisno.

pso

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…