News
Rabu, 20 Januari 2010 - 18:24 WIB

BI perintahkan semua Bank periksa ATM

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Mencegah meluasnya kasus pembobolan rekening nasabah, Bank Indonesia (BI) meminta semua bank memeriksa kondisi mesin ATM masing-masing. Tidak hanya yang ada di Bali, tapi juga di seluruh Indonesia.

“Kami sudah minta pihak bank meneliti ATM masing-masing, semuanya. Ini demi mencegah meluasnya kasus,” kata Deputi BI Bidang Pengawasan Budi Rohadi, di Gedung BI, Jl Thamrin, Jakarta, Rabu (20/1).

Advertisement

Perintah pemeriksaan kondisi mesin ATM tersebut terkait dengan modus operandi pembobolan rekening nasabah 6 bank di Bali. Menurut Budi, komplotan pembobol menggunakan metode taping atau skimming plus pengintipan.

Taping atau skimming adalah menyalin data magnetik dari kartu ATM milik korban. Guna mendapatkan data kartu ATM korban, komplotan meletakkan alat taping atau skimming pada bagian inlet kartu ATM.

“Begitu kartu masuk mesin ATM, datanya sudah tersalin sehingga bisa diambil datanya,” tutur Budi.

Advertisement

Langkah selanjutnya adalah mengintip nomor PIN kartu ATM milik korban. Caranya adalah dengan memasang kamera mikro tepat di atas papan ketik nomor PIN. Berdasar rekaman gerakan jari tangan, komplotan bisa mengetahui nomor PIN korban.

“Jadi dua metode harus dilakukan bersama-sama, ini satu kesatuan,” jelasnya.

Lebih lanjut Budi mengingatkan kepada pada nasabah untuk meningkatkan kewaspadaan sebelum melakukan transaksi di mesin ATM. Terutama mewaspadai kemungkinan adanya alat-alat tambahan yang mencurigakan di inlet kartu dan kamera mikro.

Advertisement

“Cek dulu apakah di mesin ATM ada alat tambahan. Rahasiakan PIN bahkan saat kita membeli barang, juga rahasiakan dari  penjualnya,” kata Budi mengingatkan.

dtc/isw

Advertisement
Kata Kunci : Bank Periksa ATM BI
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif