Lifestyle
Selasa, 19 Januari 2010 - 12:45 WIB

Promosi Pulau Komodo sampai ke Selatan Ceko

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Di mata sebagian
pelancong asing, Bali masih merupakan destinasi utama. Padahal Indonesia kaya destinasi indah, dari Sianok sampai Pulau Komodo. Promosi gencar dilakukan, hingga jauh ke Brno di selatan Ceko.

“Sasarannya adalah menerobos dan memperluas pasar wisata Ceko,” tutur Konselor Penerangan, Sosial Kebudayaan dan Pariwisata Azis Nurwahyudi, Selasa (19/1) WIB.

Advertisement

Upaya promosi tersebut dilakukan KBRI Praha dengan berpartisipasi pada Pameran Pariwisata Go Travel di Brno, 14-17/1/2010. Go Travel adalah pameran tahunan yang diikuti oleh 1.100 partisipan dari 19 negara dan tahun ini dihadiri oleh sekitar 33.000 pengunjung.

Menurut Azis, banyak pengunjung stan Indonesia yang menanyakan cara termudah untuk datang melancong ke Indonesia, antara lain mengenai pengurusan visa, pilihan penerbangan dan obyek wisata apa saja yang menarik untuk dikunjungi.

“Kami menjawab keingintahuan mereka dengan membagikan brosur wisata dan informasi cara mengurus visa di KBRI Praha maupun visa on arrival di berbagai bandara di Indonesia,” papar Azis.

Advertisement

Selain brosur informasi dan video film tempat-tempat wisata yang menarik, juga ditampilkan potret kehidupan masyarakat Indonesia yang membangkitkan minat pengunjung untuk datang merasakan langsung keindahan Indonesia.

Pada umumnya Bali masih mendominasi minat para calon pelancong Ceko. “Tapi kami mencoba meyakinkan bahwa masih banyak destinasi lain di Indonesia yang juga menarik untuk dikunjungi, seperti Pulau Komodo, Ngarai Sianok, Tana Toraja, Bunaken, sampai Borobudur,” tambah Azis.

Untuk promosi di Brno, wilayah selatan Ceko, KBRI menggandeng biro perjalanan setempat Aqua Travel dari kota Ceske Budejovice, yang merupakan spesialis menjual paket wisata ke Indonesia, terutama Bali dan Lombok.

Advertisement

“Brosur gratis pariwisata Indonesia dalam bahasa Ceko banyak diserbu. Tapi paling favorit dan laris diminati pengunjung adalah kamus singkat percakapan Indonesia-Ceko,” demikian Azis.

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif