Selasa, 19 Januari 2010 14:46 WIB News Share :

Pemerintah pastikan belum ada tambahan pemekaran daerah


Jakarta-
-Pemerintah saat ini sedang melakukan evaluasi terhadap daerah-daerah hasil pemekaran. Selama evaluasi dilakukan, untuk sementara pemerintah tidak akan melakukan pemekaran daerah.

“Untuk memantapkan kembali NKRI, yang namanya pemekaran sedang  dievaluasi,” kata Menteri Koordinasi Perekonomian Hatta Rajasa saat menjadi pembicara dalam acara Konsolidasi Tenaga Ahli Pengajar, Tenaga Ahli Pengkaji, Tenaga profesional dan Pejabat Struktural, Gedung Lemhanas, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (19/1).

Menurut Hatta, evaluasi tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah daerah-daerah hasil pemekaran tersebut telah mencapai target yang ditetapkan atau pemekaran ini malah menyebabkan kualitas kehidupan masyarakat yang tinggal di daerah hasil pemekaran menurun.

“Selama evaluasi, itu pemekaran tidak dilakukan dulu. Pasalnya banyak daerah yang tidak perlu dimekarkan, tapi dimekarkan,” kata Hatta.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah juga tengah menyusun desain yang mengatur dengan kondisi geografis Indonesia sebaiknya Indonesia harus memiliki berapa provinsi, Kabupaten dan Kota.

“Mendagri sedang siapkan, PP pemekaran itu akan diperketat,” ungkap dia.

Ia menambahkan, dari hasil evaluasi tersebut juga tidak menutup kemungkinan untuk hasil pemekaran tersebut bersatu kembali dengan daerah induknya. “Aturannya memang memungkinkan,” kata dia.

Namun sayangnya, Hatta tidak dapat memastikan kapan evaluasi dapat selesai dilakukan.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
PT. JATIM BROMO STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…