News
Selasa, 19 Januari 2010 - 14:46 WIB

Pemerintah pastikan belum ada tambahan pemekaran daerah

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Jakarta-
-Pemerintah saat ini sedang melakukan evaluasi terhadap daerah-daerah hasil pemekaran. Selama evaluasi dilakukan, untuk sementara pemerintah tidak akan melakukan pemekaran daerah.

“Untuk memantapkan kembali NKRI, yang namanya pemekaran sedang  dievaluasi,” kata Menteri Koordinasi Perekonomian Hatta Rajasa saat menjadi pembicara dalam acara Konsolidasi Tenaga Ahli Pengajar, Tenaga Ahli Pengkaji, Tenaga profesional dan Pejabat Struktural, Gedung Lemhanas, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (19/1).

Advertisement

Menurut Hatta, evaluasi tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah daerah-daerah hasil pemekaran tersebut telah mencapai target yang ditetapkan atau pemekaran ini malah menyebabkan kualitas kehidupan masyarakat yang tinggal di daerah hasil pemekaran menurun.

“Selama evaluasi, itu pemekaran tidak dilakukan dulu. Pasalnya banyak daerah yang tidak perlu dimekarkan, tapi dimekarkan,” kata Hatta.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah juga tengah menyusun desain yang mengatur dengan kondisi geografis Indonesia sebaiknya Indonesia harus memiliki berapa provinsi, Kabupaten dan Kota.

Advertisement

“Mendagri sedang siapkan, PP pemekaran itu akan diperketat,” ungkap dia.

Ia menambahkan, dari hasil evaluasi tersebut juga tidak menutup kemungkinan untuk hasil pemekaran tersebut bersatu kembali dengan daerah induknya. “Aturannya memang memungkinkan,” kata dia.

Namun sayangnya, Hatta tidak dapat memastikan kapan evaluasi dapat selesai dilakukan.

dtc/isw

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif