News
Senin, 18 Januari 2010 - 15:13 WIB

Volume sampah Salatiga naik 4 ton/hari

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Salatiga (Espos)–Volume sampah di Kota Salatiga saat ini jumlahnya mencapai 87 ton/hari atau meningkat sekitar 4 ton/hari dari tahun 2008.

Sampah yang dibuang di TPA Ngronggo, Kumpulrejo itu sebagian besar berasal dari pasar dan sebagian lainnya berasa dari sampah rumah tangga.

Advertisement

Menurut Kepala Dinas Tata Kota (DTK) Salatiga, Tedjo Supriyanto, sampah yang diangkut setiap hari itu setara dengan 300 m2. Sampah itu dipilah antara sampah organik dan non-organik. Sampah organik selanjutnya diproses menjadi pupuk.

Ditemui wartawan, Senin (18/1), Tedjo yang didampingi Kasi UPTD TPA Ngronggo, Udiyatno mengungkapkan sebenarnya ada investor yang berniat untuk mengola sampah yang ada di TPA Ngronggo. Namun karena volume sampah yang masih di bawah batas minimal produksi, membuat investor yang ta disebutkan namanya itu urung masuk.

“Sudah ada investor yang berminat mengolah sampah. Namun syaratnya volume sampahnya minimal 100 ton per hari,” paparnya.
Investor tersebut rencananya mengolah sampah tersebut menjadi pupuk kompos. Untuk saat ini, sampah itu dikelola secara mandiri oleh DTK.

Advertisement

kha

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Salatiga Naik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif