News
Senin, 18 Januari 2010 - 13:13 WIB

Chavez tuding AS duduki Haiti dengan dalih gempa

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Caracas–
Presiden Venezuela Hugo Chavez melontarkan tuduhan pada pemerintah Amerika Serikat (AS) terkait pengiriman pasukan ke Haiti. Chavez menuding AS menggunakan gempa Haiti sebagai dalih untuk menduduki negara Karibia itu.

“Saya baca bahwa 3.000 prajurit telah tiba, Marinir-marinir bersenjata seakan mereka akan berperang. Tak ada kekurangan senjata di sana, ya Tuhan. Dokter-dokter, obat-obatan, bahan bakar, rumah sakit lapangan, itulah yang seharusnya dikirimkan AS,” cetus Chavez dalam acara televisi mingguannya seperti dilansir kantor berita Reuters, Senin (18/1).

Advertisement

“Mereka (AS) menduduki Haiti secara rahasia,” kata pemimpin Venezuela itu.

“Di atas itu semua, kita tidak melihat mereka di jalan-jalan. Apakah mereka mengambil jenazah-jenazah? Apakah mereka mencari yang terluka. Kita tidak melihat mereka. Di mana mereka?” tanya Chavez.

Ditegaskan Chavez, dirinya tidak bermaksud meremehkan upaya kemanusiaan yang dilakukan AS di Haiti. Namun Chavez mengaku hanya mempertanyakan perlunya AS mengerahkan begitu banyak pasukan.

Advertisement

Pemerintah AS mengirimkan lebih dari 5.000 tentara dan Marinir ke Haiti pasca gempa berkekuatan 7 Skala Richter yang meluluh-lantakkan negara miskin itu. Bahkan sekitar 10 ribu tentara AS lainnya akan tiba di Haiti untuk memulihkan keamanan di negeri itu seiring meningkatnya aksi penjarahan dan kekerasan yang dilakukan para korban gempa yang selamat.

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : AS Hugo Chaves
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif