Sabtu, 16 Januari 2010 11:06 WIB Sragen Share :

Gading gajah purba sepanjang 2,5 meter ditemukan di Plupuh


Sragen (Espos)-
– Gading gajah purba sepanjang 2,5 meter ditemukan seorang warga di Grogolan, Manyareho, Plupuh, Jumat (15/1). Penemuan gading tersebut dilakukan tanpa disengaja saat penemu yang belakangan diketahui Asmorejo, 57, sedang menggarap sawah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Espos, kali pertama Asmo Rejo melihat bagian gading yang masih menempel di sebuah tebing di Grogolan tepat pukul 06.00 WIB. Sesaat sebelumnnya, diketahui kondisi di Grogolan sedang dilanda hujan deras. Merasa melihat sesuatu benda yang termasuk dalam kategori Benda Cagar Budaya (BCG), Asmorejo langsung memberitahukan kepada Kepala Dusun (Kadus) setempat, Widiatmoko.

Oleh Kadus yang bersangkutan, penemuan gading purba yang diperkirakan bersuai 700.000 tahun yang lalu dilaporkan ke Kepala Desa (Kades) Manyarejo, Warsini. Selanjutnya, Kades setempat memberitahu pihak Sangiran agar menyelamatkan gading purba tersebut dengan cara penggalian secara in situ.

Menurut Staf Pemanfaatan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran (BPSMS), Gunawan penemuan fosil gading purba (stegodon) kali ini merupakan penemuan kelima di bulan Januari. Di waktu sebelumnnya, sejumlah penemuan fosil berupa rahang atas babi, rahang bawah kudanil, tulang rusuk gajah, dan kepala banteng juga ditemukan di salah satu situs Sangiran.

pso

lowongan pekerjaan
PT. Jaya Sempurna Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…