Soloraya
Jumat, 15 Januari 2010 - 18:17 WIB

Penyerapan sertifikasi guru swasta rendah

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Sukoharjo (Espos)–
Penyerapan sertifikasi guru yang bekerja di yayasan swasta sangat rendah meski alokasi dari pemerintah pusat untuk mereka tergolong besar.

Menurut catatan Dinas Pendidikan (Disdik), hingga 2009 jumlah guru swasta yang mendapat sertifikasi sebanyak 71 orang. Sebaliknya alokasi guru sertifikasi dari pemerintah pusat sebanyak 165 orang. Dengan demikian, masih tersisa 94 jatah sertifikasi untuk para guru swasta.

Advertisement

Kepala Disdik, Djoko Raino Sigit menjelaskan, pihaknya prihatin melihat perkembangan sertifikasi guru swasta di Kota Makmur. Pasalnya, perkembangannya sangat tidak signifikan.

Djoko menambahkan, program sertifikasi adalah adalah program pemerintah pusat yang ditujukan kepada para pengajar. Tidak hanya untuk mereka yang berstatus guru negeri melainkan juga untuk mereka yang statusnya para guru swasta.

Mengenai besaran tunjangan sertifikasi, Djoko menjelaskan, nilainya sama dengan satu kali gaji guru yang diterima per bulan. Namun demikian untuk pencairan itu pada 2006 lalu memang baru diterima pada 2009 lalu sehingga sifatnya rapelan.

Advertisement

aps

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Rendah Sertifikasi Guru
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif