Jumat, 15 Januari 2010 13:07 WIB News Share :

Gerhana matahari terlihat di Semarang dan Yogya


Jakarta–
Di Indonesia, gerhana matahari  hanya bisa dilihat di 22 kota. Kota-kota ini berada di wilayah Sumatera, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, dan sebagian Sulawesi.

Gerhana matahari yang terjadi siang menjelang sore pada Jumat 15 Januari 2010 berlangsung selama 11 menit 8 detik.

Berdasarkan pengamatan di Indonesia, karena yang teramati adalah piringan bulan tidak tepat menutupi piringan matahari, maka gerhana matahari sebagianlah yang akan terjadi.

Kota-kota tersebut berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika adalah Jakarta, Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Bengkulu, Jambi, Batam, Palembang, Bandar Lampung.

Kota lainnya, Pelabuhan Ratu, Bandung, Pontianak, Semarang, Yogyakarta, Palangkaraya, Banjarmasin, Samarinda, Palu, Gorontalo, Toli-toli dan Manado.

Magnitudo gerhana yang teramati di kota-kota ini bervariasi, yaitu antara 0,00 persen di kota Surabaya, Jawa Timur sampai dengan 57,00 persen di Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam.

Di Jakarta, misalnya, gerhana akan dimulai pada pukul 14:33:57 WIB, ketika piringan Bulan mulai menutupi piringan Matahari. Puncak gerhananya akan terjadi pukul 15:20:00 WIB, yaitu ketika persentase ketertutupan piringan matahari oleh piringan bulan mencapai puncaknya (11,30 persen). Gerhana berakhir pukul 16:01:40 WIB.

Sedangkan di Banda Aceh gerhana akan dimulai pada pukul 13:39:35 WIB, ketika piringan Bulan mulai menutupi piringan Matahari. Puncak gerhananya akan terjadi pada pukul 15:20:31 WIB, yaitu ketika persentase ketertutupan piringan Matahari oleh piringan Bulan mencapai puncaknya (57,00 persen). Gerhana pun berakhir pada pukul 16:44:28 WIB ketika piringan Bulan tidak lagi menutupi piringan Matahari.

isw

lowongan pekerjaan
CV PRIMEDANIE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…